Pages

23 December 2015

(cerpen) Kunang-Kunang Tanpa Cahaya

Aku terlahir di dekat rawa, dalam komunitas kunang-kunang yang hidup nokturnal –aktif di malam hari, tidur di siang hari.

Namun ada yang berbeda dalam diriku. Ketika teman-temanku memiliki lucifer sehingga mampu memancarkan cahaya, aku tidak bisa mengeluarkan sinaran dingin yang sama. Hal itu membuatku stres, apalagi ketika mengetahui bahwa ada beberapa teman-temanku yang bahkan sudah mengeluarkan cahaya ketika masih di dalam telur.

Makanan kami sama, cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, maupun serangga kecil lainnya, tapi kenapa perutku tidak bisa memancarkan entah warna warna kuning, merah terang, hijau, atau  oranye seperti yang lainnya.

“Hey.., itu si kunang-kunang tanpa cahaya,” suara samar terdengar saling berbisik di lorong bawah tanah ketika aku berlalu.

Pandangan mata setengah mengejek menghiasi hari-hariku di sarang kami.

Bahkan larva-larva kecil akan menatapku aneh, mencoba memperhatikan bagian perutku, saling menebak kira-kira kenapa aku tidak mengeluarkan sinar yang sama.

“Mungkin dia terkena kutukan.”
“Ah, mana mungkin, para penyihir kan sudah musnah semenjak zaman dahulu,” tutur temannya.
“Itu akibat tidak patuh pada orang tuanya,” seorang tua ikutan menyahut, alasan yang digaungkan para tetua agar anak-anak mereka patuh dan nurut kalau diberi wejangan.
“Ih serem ah.., aku tidak mau jadi seperti itu,” mereka berlarian menjauh.

***

Rasanya menyedihkan menjadi pribadi yang berbeda dan dijauhi teman-teman, seakan-akan aku ini wabah penyakit yang harus dikarantina saja.

Jadi bahan perbincangan, ejekan –walaupun aku tidak bersalah apa-apa- sudah biasa. Walau sudah terbiasa, hal itu tetap membuatku muram.

Hari-hariku kulalui dengan suram, sekedar menjalani hari.

Sampai suatu malam, aku bertemu dan menjalin persahabatan dengan ngengat, semacam kupu-kupu malam. Berbeda dari saudaranya yang aktif di waktu siang –diural- dan memiliki sayap yang warnanya indah cemerlang, ngengat hampir mirip dengan diriku –berbeda dengan saudaranya-, sama-sama nokturnal dan memiliki sayap yang cenderung gelap, kusam atau kelabu.

“Usahlah mempedulikan suara sumbang kunang-kunang lain,” katanya suatu kali, “anggaplah suara-suara itu sebagai angin lalu. Sesekali bertiup, kemudian hilang tak berbekas.”

“Tak perlu kau tanggapi. Jangan dimasukkan ke dalam hati,” tambahnya, “jangan kau biarkan perkataan-perkataan itu membuatmu jatuh dan terpuruk.”

“Perkataan mereka tidak boleh sampai membentuk dirimu. Jadilah hebat dengan apa yang kamu miliki,” tuturnya santai.

“Nasihat yang super”, ujarku dalam hati. “Terima kasih kawan.”

***

Suatu malam, datang segerombolan manusia ke depan sarang kami. Mereka membawa plastik kecil dan botol kaca besar.

“Mari kita cari kunang-kunang sebanyak mungkin, untuk hiasan perayaan besok lusa,” seru salah seorang yang berbadan besar.

Mulailah mereka meraup, mengejar, menjebak, dan menangkapi sebagian besar kawan-kawanku. Kami berterbangan kocar-kacir, berteriak saling memperingatkan, “SELAMATKAN DIRIMU, Terbanglah sejauh mungkin dari sini!” jeritan bersahutan mengisi hutan malam.

Aku menjatuhkan diri ke lantai hutan. Tanpa sinar berkelap-kelip di dalam perutku, mereka melewatkanku yang tersamar oleh tanaman.

Beberapa jam mencekam akhirnya berlalu. Sarang kami porak poranda.

Anak-anak maupun dewasa, banyak tersekap di wadah botol yang mereka bawa. Sinarnya berkilauan terang. Tampak jelas ketakutan kunang-kunang yang telah tertangkap.

“Hari sudah semakin larut. Aku letih sekali. Mari kita beristirahat dulu di sini. Kita bangun tenda dan berangkat ke kota esok pagi,” kata seorang pemburu kunang-kunang itu.
“Baiklah,” mereka mulai membangun tenda, menyalakan api unggun, dan menggelar selimut

Malam beranjak semakin larut. Para pemburu itu sudah terlelap dalam kantuk.

Pikiran berkecamuk dalam diriku. Apakah aku akan meninggalkan semua kunang-kunang yang tertangkap dan mencari jalan selamat sendirian saja, terbang menjauh. Atau berusaha mendekat dan mencari jalan untuk membebaskan mereka semua yang sering mengejek dan menggunjingkanku.

Arrgh…, aku bingung.

“Jadikanlah kekuranganmu sebagai sumber kekuatanmu,” terngiang pesan ngengat sahabatku.

Aku memberanikan diriku menyelinap di antara para pemburu kunang-kunang.

Nyaring terdengar suara dengkuran, mereka semua sudah pulas terlelap.

Setengah berbisik, aku berkata di sisi toples, “ssssstt, jangan berisik, aku akan berusaha membebaskan kalian,” jariku memberi isyarat di depan bibir.

Kuperhatikan wadah ini tertutup kawat kasa, terikat di samping. Kutarik kuat-kuat. Satu-dua-tiga. Tutup wadah bisa terlepas.

Ratusan kunang-kunang berhamburan keluar. Kembali menghirup udara bebas.

“Mari menjauh dari sini!” seruan tercekat perlahan, ramai terbang beriringan.

Ada perasaan bahagia terselip dalam dada. Ucapan maaf dan terima kasih dari semua kunang-kunang malam menghapus memori luka masa lalu yang tadinya kelam menjadi terang benerang.

Perut gelap  tak bercahaya yang dulu kubenci, kini aku syukuri, terlepas dengan kondisi apapun yang kamu miliki, tidaklah jadi alasan untuk tidak bisa menjadikan dirimu bermakna bagi sesama.


---000---

Balikpapan, 30 November 2015
Syamsul Arifin, SKM, MKKK


Penulis adalah blogger, praktisi keselamatan kerja dan karyawan migas yang berdomisili di Gn Guntur Asri, Balikpapan. Kunjungi blogsnya di http://genkeis.blogspot.com



*cerpen ketigaku di Kaltim Post, edisi Minggu, 13 Desember 2015. Bisa dibaca di edisi digital Kaltim Post: http://epaper.kaltimpost.co.id/arsip/byTanggal/2015-12-13 (hal 35)

19 October 2015

Investigasi Ledakan dan Kebakaran Sumur Macondo, Teluk Meksiko

Rig Semisubmersible Deepwater Horizon

20 April 2010, kecelakaan yang mengakibatkan kematian banyak pekerja terjadi di sumur minyak Macondo, sekitar 80 KM dari lepas pantai Louisiana di Teluk Meksiko.

Insiden terjadi ketika pekerjaan well-abandonment sementara yang dilakukan rig pengeboran Deepwater Horizon (DWH). Rig kehilangan kendali atas sumur, sehingga terjadi blowout –pelepasan cepat dan kuat gas dan cairan hidrokarbon dari dalam sumur ke rig. Hidrokarbon yang terlepas itu kontak dengan sumber nyala api dan terbakar. Ledakan dan kebakaran pun terjadi. Korban jiwa atau cedera, kerusakan lingkungan dan kerusakan aset yang terjadi adalah kematian 11 pekerja, cedera serius 17 pekerja, tenggelamnya rig pengeboran dan kerusakan pantai dan laut yang luas akibat tumpahnya 5 juta barel (≈600 juta liter) hidrokarbon dari dalam sumur. Kejadian ini merupakan salah satu kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan alam terburuk dalam sejarah Amerika.


Rig Deepwater Horizon terbakar dan meledak di sumur Macondo

Penyebaran minyak akibat kebakaran dan ledakan sumur Macondo

BP Exploration & Production Inc. (BP) adalah operator atau pemegang konsensi blok yang terdapat sumur Macondo. BP adalah pemegang konsensi terbesar di laut dalam (deepwater) Teluk Meksiko Amerika, memiliki lebih dari 650 blok dengan kedalaman laut lebih dari 1,200 feet (≈365 meter).

Untuk mengebor sumur Macondo, BP mengontrak Transocean, kontraktor pengeboran dan penyedia jasa sumur lainnya, termasuk Halliburton dan Sperry-Sun Drilling Services –subsidari Halliburton.
Bagan interaksi perusahaan yang terlibat kejadian

Cameron tidak memiliki kontrak langsung dengan BP, namun kontrak antara Transocean dan BP mempersyaratkan konfigurasi dan referensi spesifik Blowout Preventer (BOP) yang akan digunakan dalam pengerjaan sumur. Cameron menyediaakan part, pengetesan, bantuan teknis dan jasa perbaikan pada BOP Deepwater Horizon.

Personil yang bertanggung jawab akan pengendalian sumur ketika kejadian adalah:

Posisi
Perusahaan
Tanggung Jawab
Well Site Leader
BP
Memimpin semua aktifitas, K3LH, operasional dan logistik di lapangan
Offshore Installation Manager (OIM)
Transocean
Mengelola krew dan sumberdaya di rig untuk mencapai kinerja optimum agar program pekerjaan sumur dapat dilaksanakan dengan baik
Senior Toolpusher/ Toolpusher
Transocean
Mengawasi dan mengkoordinasi pekerjaan pengeboran
Driller
Transocean
Mengoperasikan peralatan pengeboran dan memonitor instrumen rig
Subsea Supervisor
Transocean
Mengawasi perawatan dan perbaikan pada peralatan dan sistem di bawah laut (subsea) dan permukaan (surface)
Cementer
Halliburton
Melaksanakan program penyemenan, termasuk perencanaan dan pemompaan semen serta memberikan saran teknis
Mudlogger
Sperry-sun
Memonitor parameter pengeboran sebagai acuan untuk mengerti kondisi di bawah sumur dan memberikan saran ke BP ataupun Transocean implikasi keselamatan/efisiensinya.

Posisi personil pengendali sumur


Ruang kendali driller di anjungan pengeboran lepas pantai yang serupa di Deepwater Horizon

Urutan kejadian kebakaran/ledakan


Aktifitas utama yang menyangkut kejadian ledakan dan kebakaran sumur Macondo adalah:

Tanggal
Keterangan
6 Okt 2009
Sumur Macondo di spud (dimulai pengeborannya) oleh rig Marianas (milik Transocean)
8-27 Okt 2009
Rig Marianas di evakuasi karena kerusakan oleh badai Ida
31 Jan – 6 Feb 2010
Rig Deepwater Horizon menggantikan Rig Marianas.
6 hari perawatan dan pengetesan BOP.
Memulai aktifitas pengeboran pada 6 Februari.
19 April 2010
Menyelesaikan pemasangan casing produksi sampai kedalaman 18,304 feet
19-20 April 2010
Melakukan pekerjaan penyemenan sumur
20 April 2010
Pengetesan tekanan positif dan tekanan negatif casing produksi
20 April 2010
Pemantauan sumur dan pekerjaan bersamaan.
Memompa air laut menggantikan lumpur dan spacer di dalam riser sumur.
Sumur dalam keadaan underbalance dan mulai mengalir.
Aliran yang keluar dari dalam sumur meningkat.
20 April 2010
Respon terhadap kendali sumur.
Lumpur mulai mengalir melebihi pipa. Dan mengalir lewat derrick.
Menutup diverter dan lumpur melewati gas separator.
Mengaktifkan lower annular preventer BOP.
Gas tekanan tinggi terlepas dari gas separator vent.
Alaram gas pertama berbunyi. Gas menyebar dengan cepat membunyikan alarm lainnya.
Rig kehilangan listrik.
Terjadi ledakan pertama (5 detik setelah rig kehilangan listrik).
Mengaktifkan Emergency Disconnect Sequence (ESD) BOP, namun paket lower marine riser tidak membuka.
Mentransfer 115 personel termasuk 17 pekerja yang terluka ke M/V Damon Bankston. 11 pekerja hilang dan dicari.
22 April
Deepwater Horizon tenggelam
21-22 April
Mengoperasikan Remotely Operated Vehicle (ROV) untuk menutup Variable Bore Rams dan Blind Shear Rams dari BOP di bawah laut. Tidak berhasil.
Urutan waktu kejadian

Faktor penyebab kejadian kebakaran/ledakan (direct and indirect cause)


Dengan mempergunakan fault tree analysis, berbagai skenario, failure mode dan faktor kontribusi yang memungkinkan, ada 8 temuan utama kejadian ini:
a)    Semen annulus tidak mengisolasi hidrokarbon
b)    Shoe track tidak mengisolasi hidrokarbon
c)    Test tekanan negative diterima walaupun integritas sumur tidak diperiksa
d)    Influx dari sumur tidak diidentifikasi hingga hidrokarbon berada di riser
e)    Respon kendali sumur gagal untuk menjaga kendali sumur
f)     Pengalihan ke mud gas separator mengakibatkan gas ter-venting di rig
g)    Sistem kebakaran dan gas tidak mencegah ignisi hidrokarbon
h)   Mode darurat BOP tidak dapat menutup sumur.

Swiss cheese model kejadian ledakan dan kebakaran


Ringkasan kegagalan di Sumur Macondo

Analisis program dan sistem Pencegahan dan Proteksi Kebakaran


Ada beberapa potensi sumber penyalaan di rig Deepwater Horizon:
  • Klasifikasi area listrik (electrical area classified)
  • Sistem gas dan kebakaran
  • Sistem ventilasi
Marine Operation Manual (MOM) Deepwater Horizon tertanggal Maret 2001 menyatakan bahwa: area kapal dibagi dan diidentifikasi memiliki kemungkinan pencampuran udara/gas mudah terbakar/meledak. Sebagian besar are rig tidak masuk klasifikasi mudah terbakar/meledak karena hanya sedikit atau bahwa tidak ada peluang pencampuran gas/udara mudah terbakar bahkan dalam kondisi yang paling ekstrim sekalipun.

Area klasifikasi listrik di Deepwater Horizon meliputi area drill floor dan area di atas drill floor, termasuk juga derrick. Area deck yang langsung dibawah drill floor juga masuk klasifikasi listrik. Berbagai macam intake dan outlet ventilasi dan outlet diverter juga masuk klasifikasi listrik. Moon pool dan ruangan mud pit juga masuk area klasifikasi listrik.

Sistem gas dan kebakaran Deepwater Horizon memiliki 27 detektor gas mudah terbakar. Seluruh gas detektor berfungsi otomatis terhadap alaram visual dan audio. 13 dari 27 detektor memiliki respon otomatis, sedang 14 sisanya tidak beraksi otomatis, hanya memberikan alarm visual dan audio.

Dari hasil Analisa data, perawatan dan penilaian terakhir oleh pihak ketiga menunjukkan bahwa gas detektor dalam kondisi cukup baik, diuji dan terawat.

Fungsi dan layout sistem ventilasi juga diperiksa. Fire damper di rig didisain untuk otomatis menutup ketika listriknya mati. Disediakan juga fusible link untuk memastikan damper menutup jika terjadi kebakaran.

Hipotesis analisis kejadian kebakaran


Modeling vapor dispersion menunjukkan bahwa campuran gas mudah terbakar dengan cepat menyelimuti area rig, termasuk beberapa ruangan tertutup dibawah deck. Area di bow dan aft deck utama serta di bawah deck tidak klasifikasi listrik. Karena itu beberapa penyalaan mungkin terjadi.

Sistem HVAC (Heating, Ventilating, dan Air Conditioning) mungkin mentransfer gas mudah terbakar ke area tertutup mesin, sehingga mesin menjadi melebihi kecepatannya. Yang menjadi sumber penyalaan.

Sumber penyalaan mekanikal juga mungkin terjadi. Tekanan yang sangat besar terjadi ketika pelepasan hidrokarbon bisa menyebabkan kegagalan peralatan, dan mengakibatkan kerusakan kolateral sehingga menimbulkan percikan.

Rekomendasikan program pencegahan dan proteksi kebakaran


Laporan investigasi kecelakaan Deepwater Horizon oleh BP memberikan 2 hal besar perbaikan:
  • Drilling dan Well Operation Practices (DWOP) dan Operating Management System (OMS)
  • Pengawasan dan kontrol kualitas kontraktor dan provider jasa
Perbaikan DWOP dan OMS:
a)    Prosedur dan praktek teknis engineering
·         Perbaikan panduan penyemenan
·         Perbaikan persyaratan well control
·         Perbaikan desain teknis: tubular, casing hanger seal
·         Perbaikan persyaratan untuk mencakup pengetesan tekanan negatif
·         Memperjelas standar pelaporan dan investigasi kejadian pengendalian sumur
·         Mengusulkan American Petroleum Institute untuk mengembangkan rekomendasi untuk desain dan pengetesan busa semen pada penggunaan tekanan tinggi dan suh tinggi
·         Penilaian dan meninjau penerapan Management of Change (MOC)
b)    Kompetensi dan kapabilitas
·         Memperkuat peran teknis di bidang penyemenan dan isolasi
·         Memperkuat kompetensi dan kepemimpinan di operasi laut dalam
·         Mengembangkan program pelatihan laut dalam tingkat lanjut
·         Membangun ahli internal BP dibidang subsea dan kontrol sistem BOP
·         Meminta International Association of Dirlling Cotnractor (IADC) untuk mempertimbangkan sertifikasi di bidang subsea engineering
c)    Audit dan verifikasi
d)    Proses Safety Performance Management
·         Membuat indikator leading dan lagging terkait integritas sumur, pengendalian sumur dan peralatan keselamatan kritis rig
·         Mempersyaratkan kontraktor pengeboran untuk membuat sistem monitoring audio terkait indikator leading dan lagging di atas.

Pengawasan dan kontrol kualitas kontraktor dan provider jasa:
a)    Pemastian jasa penyemenan
b)    Memastikan praktek pengendalian dan monitor sumur diterapkan di semua kontraktor pengeboran
c)    Keselamatan proses rig:
·         Hazop review pada sistem gas permukaan dan cairan pengeboran sebagai bagian dari rig audit dan penerimaan
·         Memasukkan semua venting hidrokarbon sebagai bagian dari Hazop
d)    Pengawasan kualitas desain BOP:
·         Menetapkan minimal redudancy dan reliabilitas BOP yang dimiliki kontraktor
·         Memperketat persyaratan minimum pengetesan BOP
·         Memperketat persyaratan minimum perawatan BOP
·         Menetapkan persyaratan minimum Management of Change subsea BOP
·         Membuat perencanaan yang jelas untuk ROV intervensi sebagai bagian dari tanggap darurat
·         Membuat kontraktor pengeboran menerapkan proses kualifikasi yang memverifikasi kinerja kemampuan shearing BOP
·         Termasuk verifikasi pengujian dan kesesuaian dengan point redudancy dan kemampuan shearing BOP.

Kerja sama industri di bidang penanganan tumpahan


Juli 2010, 4 dari 5 perusahaan besar minyak dan gas membangun perusahaan non profit Marine Well Containment sebagai langkah bersama untuk meningkatkan kapabilitas penanganan tumpahan sumur di Teluk Meksiko. Masing-masing perusahaan komitmen berinvestasi 1 milyar USD untuk pengembangan sistem cepat tanggap perusahaanMarine Well Containment yang terdiri dari peralatan modular kontainment yang dapat mengumpulkan minyak yang mengalir dari laut dalam. Sistem ini didisain untuk dpt dimobilisasi dalam waktu 24 jam dan siap dioperasikan selama berminggu-minggu, siap menampung tumpahan sedalam 10,000 feet dari permukaan, untuk volume sampai 100,000 barel per hari.


Skematik sistem Marine Well Containment

---000---



Penyusun:  Syamsul Arifin, SKM
HES Specialist, Chevron Indonesia Company
Mahasiswa Pasca Sarjana K3 FKM UI


Referensi

  • British Petroleum. Deepwater Horizon Accident Investigation Report. September 2010. UK
  • US Chemical Safety and Hazard Investigation Board. Investigation Report, Explosion and Fire at the Macondo Well. Juni 2014. US
  • Deepwater Horizon Study Group (DHSG). Final Report on the Investigation of the Macondo Well Blowout. University of California Berkeley, US
  • The Bureau of Ocean Energy Management, Regulation and Enforcement. Report Regarding The Causes Of The April 20, 2010 Macondo Well Blowout. September 2011. US
  • National Commission on the BP Deepwater Horizon Oil Spill and Offshore Drilling. Deep Water the Gulf Oil Disaster and the Future of Offshore Drilling: Report to the President. Januari 2011. US

16 October 2015

Bahaya, Kejadian, dan Konsekuensi

Mungkin ada beberapa profesional K3, terutama yang pemula, sering tertukar antara pengertian bahaya/hazard, kejadian/event, dan konsekuensi/consequence.

Secara sederhana, bahaya adalah segala sesuatu yang mungkin bisa menyebabkan cedera, penyakit, kerusakan aset atau pencemaran lingkungan. Kejadian adalah insiden, kecelakaan, ataupun nearmiss/kejadian hampir celaka ketika bahaya kontak dengan manusia, peralatan, atau lingkungan, atau ketika bahaya terlepas dari pengamannya. Sedang konsekuensi adalah hasil dari sebuah kejadian.

Contoh sederhana, jika kita bertamasya ke kebun binatang, bahaya yang utama adalah bahaya biologis, dari hewan buas semisal harimau, buaya, dan semisalnya. Kejadian yang mungkin terjadi jika ada kontak dengan harimau bisa digigit, dicakar, atau lainnya. Konsekuensinya bisa cedera gores ringan atau bahkan bisa berupa kematian.

Dalam konteks industri, peralatan listrik yang digunakan pekerja ada bahaya listrik, kejadian yang mungkin terjadi adalah tersetrum/tersengat listrik, konsekuensinya bisa luka bakar atau kematian.

Yang biasanya tertukar adalah antara bahaya-kejadian. Sering sebuah analisa bahaya menyebutkan 'terpleset' sebagai sebuah bahaya, padahal yang lebih tepat menjadi bahaya adalah 'lantai licin akibat ceceran oli', dan semisalnya. Atau contoh lain, terpotong/tergores kadang dijadikan bahaya, padahal yang sepatutnya disebut sebagai bahaya adalah obyek yang bisa memotong atau membuat luka goresan.

Kalau bahaya didefinisikan dengan baik, mitigasi atau pencegahan sesuai hirarki pengendalian bahaya (terutama eliminasi, subtitusi dan engineeringcontrol) dapat lebih kita fokuskan ke obyek yang menjadi bahaya.

Demikian, silakan tambahan sharingnya kalau ada masukan.

Semoga bermanfaat.

-Syamsul Arifin-

Referensi: ISO/Guide 73:2009(en) Risk management — Vocabulary

19 September 2015

Inspirator yang Terinspirasi

Rabu 9 September 2015 lalu, saya ikut meramaikan event Kelas Inspirasi Balikpapan #3. Awalnya, tahu dan minat ikut acara ini karena ada teman MP FB (Hendy Lazuardy Hendrawan) yang posting publikasi acara itu. Akhirnya, memberanikan diri ikutan meski jatah cuti tinggal 2 hari lagi  (dari 25 hari jatah cuti setahun), dan 1 hari-nya juga sudah ada plot acara juga. Bismilah, klik link pendaftaran dan pilih mau jadi inspirator di kegiatan Kelas Inspirasi.

Saya suka acara semacam ini, ke sekolah, sharing, dan berbagi dengan orang lain, dalam hal ini, ke murid-murid Sekolah Dasar.

Ketika sesi briefing (Sabtu, 29 Agustus), saya tidak bisa ikutan briefingnya karena sedang wisuda S2 di UI Depok, padahal di saat itulah, dibagi penjelasan dan pengelompokkan tim -satu SD biasanya terdiri dari 6-10 inspirator, 2 fasilitator dan 2-3 dokumentator- sudah pasrah, ketika di reminder untuk menghadiri sesi briefing, saya balas kalau saya tidak bisa hadir, dan mengharapkan ada briefing susulan atau sesi khusus atau mengiklaskan diri tidak jadi ikutan KI karena tidak ikutan briefingnya. Alhamdulillah, tetap diizinkan ikut, dan dimasukkan ke kelompok 2, di SD 021, Balikpapan Timur.


Menariknya, SD 021 letakkan di dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah kota. Dan ketika ketemuan dengan tim, sedikit disharing kalau kebanyakan muridnya biasa membantu orangtuanya memulung selepas sekolah.

Di hari H, 9 September itu, kami rolling, bergantian, ada 4 kelas, saya kebagian kelas 1-2-3-dan 4. Dulu waktu kuliah di FKM, sebetulnya memberikan penjelasan (penyuluhan kesehatan) ke anak SD, orangtua baik ibu-ibu maupun bapak-bapak, bahkan orang jompo dan tuna grahita, pernah saya lakoni, makanya Kelas Inspirasi ini juga sebetulnya mengingatkan masa lalu.

Ketika hari H pelaksanaan kelas inspirasi, seru abis lah pokoknya.

 

 

 

 


Di sana, saya menjelaskan tentang industri migas secara umum: dari mana asalnya, di proses seperti apa di tengah laut (kebetulan, dari pantai Balikpapan, samar-samar bisa dilihat platform produksi), dan pengilangan serta produk jadinya. Saya bawa sample minyak mentah dan bensin, buat perbandingan mereka.

Kemudian saya jelaskan apa-apa saja profesi yang ada di sana, mulai dari teknisi listrik, mekanik, crane operator, penyelam, pilot helikopter, koki, dokter/perawat, dll termasuk juga ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang ada di platform produksi migas lepas pantai, sebagai gambaran variasi profesi. Karena saya memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap ketika menjelaskan, mulai dari pakai coverall, helm, kacamata, safety shoe, dan safety gloves, saya jelaskan apa saja itu dan minta salah satu-atau dua mencoba seraya menjelaskan.

Yang berani maju, bertanya, atau menjawab, saya kasih pin khusus berbentuk bintang, home made, dibuatin istri dari kertas origami.

Saya sharing juga apa saja tips yang diperlukan kalau mau sukses bekerja. Diantaranya: belajar giat (agar mereka semangat mencapai pendidikan lanjutan, kalau perlu sampai kuliah di UI juga), berbaik kepada orangtua -agar diberkahi mereka, dan jadi pemberani dalam berusaha-mencoba.

Belajar giat saya perlebar bukan hanya belajar di sekolah, tapi juga belajar di rumah-dengan orang lain-belajar di perpustakaan. Saya motivasi mereka, siapa yang mau lanjut lulus sekolah SMP, SMA, bahkan saya tanya siapa yang mau kuliah di pulau Jawa. Menariknya, ketika siapa yang mau lulus SD, SMP, SMA, mereka antusias angkat tangan, ketika tentang kuliah, sebagian menurunkan tangannya. Saya semangati mereka, bahwa jangan takut, kalau memang kondisi keluarga bukan orang kaya, ada berbagai macam jalan, bisa dapat beasiswa, selama mereka mau dan mau berusaha -ini nyambung juga dengan doa dari orangtua.

Berbuat baik kepada orangtua saya sebutkan sengaja, karena memang doa orang tua itu bisa jadi diijabah Allah. Makanya saya tanya, siapa yang tadi pagi salim (cium tangan) orangtua -yang belum saya minta mereka besoknya cium tangan 2x, dan yang membantu orangtuanya di rumah. Macam-macam jawabnya, ada yang membantu mencuci piring, baju, bahkan ada yang membantu di kebun dst. Disini saya terinspirasi. Waktu saya SD, mungkin saya tidak sampai segitunya membantu orangtua, tapi mereka sudah membantu dengan aktifitas fisik yang menurut saya hebat -untuk ukuran anak kecil.

Terakhir saya katakan jadi pemberani, selama kita jujur, halal, apa saja yang kita lakukan, kita harus berani. Berani berusaha, berani bermimpi, dan berani bekerja.

Ramai lah pokoknya acara ini, dan sungguh berkesan.

Ada 2 anak yang ketika diminta menuliskan cita-citanya menulis, ingin jadi seperti saya. Semoga dia menjadi lebih baik dari saya *amin, karena memang anak-anak itu lebih baik dari saya.

Dari sini, saya banyak bersyukur, atas perjalanan hidup yang telah mengantarkan saya ke tempat saya sekarang, dan jujur saja, bukan mereka yang pada dasarnya termotivasi oleh cerita-yel-yel atau sharing dari kami para inspirator, tapi saya pribadi -dan mungkin teman-teman inspirator lainnya, terinspirasi juga oleh daya tahan, semangat, dan kesungguhan mereka menggapai cita-citanya.




Semoga Allah memberkahi apa yang telah kami lakukan, dan semoga Allah memberkahi anak-anak penerus bangsa ini *amin.


---000---

Balikpapan, 19 September 2015
Syamsul Arifin