24 September 2024

It's Just A Feature

Keanekaragaman manusia di dunia, bisa dianalogikan dengan fitur yang ada di mobil. 

Ada yang warnanya hitam, putih, silver, dst. Ada yang punya fitur kursi listrik, sehingga penyesuaiannya cukup hanya ditekan-tekan, ada yang pakai jok kulit, dengan pemanas, dapat dilipat sejajar lantai, dst.

Bahkan ada mobil dengan fitur canggih semisal cruise control (berkendara di kecepatan tertentu tanpa perlu mengijak pedal gas), dynamic cruise control, line assist, dst.

Namun yang terpenting adalah fungsinya, mengantarkan penumpang dari satu titik ke titik lain.

Fitur yang ada bisa membuat perjalanan lebih nyaman, menyenangkan, meningkatkan user experience, namun intinya tetap satu, apakah kendaraan tersebut bisa membantu kita berpindah tempat?

Manusia pun demikian, ada yang warna kulit dan rambut alaminya bermacam-macam, postur tubuh, tinggi, bentuk mata, mulut, telinga, yang bervariasi.

Namun jauh di dasar filosofi penciptaannya sama semua, dihadirkan ke dunia untuk beribadah, menyembah, membuktikan penghambaan kepada Tuhan yang maha esa.

Jika kita menyalahgunakan fitur kendaraan, sehingga malah terlambat sampai ke tujuan, maka buat apa punya mobil mahal tapi tidak bisa membantumu mencapai tujuanmu.

Jika punya tubuh bagus, sehat, bugar, mempesona, tapi malah memjerumuskanmu ke dalam kemaksiatan, penghianatan, durhaka terhadap Tuhan, maka buat apa punya itu semua?

Menariknya, semua hal akan dimintai pertanggungjawaban. Jika pernah menyewa/rental mobil, anda akan mengembalikan pada pemiliknya.

Begitu juga dengan diri/tubuh anda, akan dimintai pertanggunjawaban oleh sang pencipta. Digunakan untuk apa saja? Untuk kebaikan kah atau untuk keburukan yang telah Ia larang?

Semoga kita semua diberikan keistiqomahan dalam hidup, mengoptimalkan fitur yang diberi untuk beramal, membuktikan iman yang diucapkan. #amin



---000---

Syamsul Arifin
Jakarta, 24 September 2024
Bandara Soekarno-Hatta, otw to Pekan Baru - Duri (training SIKA PDSI)

No comments:

Post a Comment