04 May 2011

Social Network can be Fatal

Tadi malam nonton serial Criminal Mind berjudul "The Internet Is Forever".

Sedikit preambul, serial ini tentang tim investigasi Behavioral Analysis Unit (BAU), salah satu divisi di FBI yang melacak pembunuhan dengan menganalisa psikologis/perilaku pembunuh. Penjelasan selengkapnya di sini.

Nah, di episode berjudul "The Internet Is Forever", si pembunuh mempergunakan jaringan sosial (social networking) semacam facebook, twitter, dll. Dengan mengenali/mempelajari kebiasaan korban-korbannya lewat update status-status mereka dan mengakali lewat memasang CCTV di rumah korban, si pelaku meng-upload siarang langsung pembunuhan yang dia lakukan ke internet -yang ditonton live oleh pemirsa.

Saya sukanya serial ini karena mereka benar-benar memakai teori-teori psikologi -saya pernah ngeliat di Discovery Channel tentang psikologi pembunuhan juga, ternyata memang dipake ya-, sehingga akhirnya bisa mendapatkan gambaran profil pelaku. Sebagai contoh, di seri ini -setelah menganalisa fakta-fakta kejadian-, pelaku disimpulkan memiliki perilaku narsis (mempertontonkan 'pertunjukannya' dan mencari korban yang memiliki struktur wajah yang mirip dengan dirinya). Rekap episode ini bisa dilihat di sini.

Review lain dari blogger bisa dibaca di sini.

Pengungkapan penyelidikan pembunuhan sepertinya sih ngga semudah yang terlihat di tivi, tapi mungkin karena keterbatasan jam tayang, jadinya memang kudu disingkat :D *digambarkan tim ini punya dukungan ahli komputer juga yang bisa melakukan hacking-tracing, pengambilan data, dll, sehingga memudahkan penyelidikan.

Bagaimanapun juga, ada banyak pelajaran yang bisa di dapat dari episode ini, utamanya tentang perilaku yang aman ketika berselancar di jaringan sosial. Mengenai bagaimana kehati-hatian ketika update status, mengisi informasi-informasi yang terekspos keluar, ketika posting -karena sekali diposting, jagad inet tidak menghapusnya- ketika terkait dengan orang-orang lain/berteman, dst.

Ngga habis juga sih nontonnya, nguantuk euy :D

10 comments:

  1. nyikologi ya pin? wah jadi mau nonton... syg ga ada tipi. itu teh ada videonya ga ya.. dvd gitu?

    ReplyDelete
  2. ternyata ada versi onlinenya.
    untuk episode ini, coba tonton aja di: sini

    klo DVDnya kayaknya ada jg deh, coba tanya2 sama si mbah gugel

    ReplyDelete
  3. Penasaran jg pengen nonton nya :)

    ReplyDelete
  4. wah, jadi pingin nonton juga

    ReplyDelete
  5. nonton online ajah.., tapi ngga enak, ngga ada terjemahannya euy :D

    ReplyDelete
  6. males klo online pIn, tergangu klo koneksi ga balance :D
    ada DVD-nya ga sih di Store ?

    ReplyDelete
  7. kayaknya bisa dibeli di sini
    di websitenya sih bilang free shipping worldwide
    atau beli di amazon

    ReplyDelete
  8. @anotherorion, di website kan ada
    @raitodira, ya lumayan lah, hiburann :)

    ReplyDelete