09 June 2011

(Tips Aman FB) Alamat Email

Dari pengalaman kena hack di Facebook dan email Yahoo serta Gmail, akhirnya jadi browsing-browsing cara aman berselancar di FB (sekalian juga browsing cari tau cara-cara nge-hack akun FB).

Ada banyak tips-tipsnya -silakan di browsing-browsing sendiri. Sekedar share, diantaranya yaitu:

1. Gunakan saluran yang aman.
Di FB, bisa kita pilih gunakan koneksi aman (https) jika memungkinkan. Opsi ini ada di bagian pengaturan akun, terus pilih keamanan akun, kasih centang yang "Jelajahi Facebook pada koneksi aman (https) bila memungkinkan."
Hal ini penting banget buat ngelindungin kita kalau browsing-browsing di tempat umum (pake hot-spot), wireless yang disediakan cafe, bandara, mall, perpus, dll. Soalnya, ada software yang bisa ngeliat password melalui fasilitas umum itu.

2. Amankan Facebook anda.
Caranya: 
  • Jangan buka identitas alamat email, kecuali pada kontak. Karena (kata artikel), hacker bisa memakai email itu untuk merentas email kita duluan, trus ngubek-ngubek ke akun FB kita. Bisa dicari settingan ini di privacy setting.
  • Terkait pertemanan di FB dan bullet pertama di atas. Kalo ngga kenal, jangan di approve. Khawatirnya akun tersebut bisa ngeliat data-data kita, terus memakainya untuk tujuan yang ngga bener (ngeliat alamat email, dan cari-cari tau password (pake metode social engineering).
  • Masih terkait sama bullet pertama diatas. Jangan pergunakan alamat email utama anda sebagai pendaftaran akun FB. Apalagi kalau passwordnya juga sama. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir kerugian kalau si Hacker udah nge-rentas alamat email yang kita pakai buat daftar FB trus dia tinggal pake fitur forget password yang ada di FB deh, dikirimin lah link buat nge-reset password dari FB ke email kita yang udah di hack.
Maka sebab inilah, saya jadi punya akun email di: GMX, Zoho, Hotmail, AOL, dll ^_^

3. Jangan percaya email yang diterima.
Tadi baru dapat email di Yahoo, kalo ada komentar di FB (email dikirim dari facebook mail), trus diminta nge-klik buat liat. Iseng nge-klik, ternyata diarahin ke halaman awal FB, trus diminta login. Hal ini jangan dilakukan. Pertama, nge-klik link situs ngga jelas itu berisiko, karena di halaman html dia itu bisa aja ada script trojan jahat yang bisa menginfeksi komputer, belum lagi kalo kita login, sama aja ngasih tau orang password kita.
*gubraks deh, tapi tadi saya ngetes ngeklik :toe:
Email-email semacam ini kemungkinan besarnya palsu dan udah direkayasa (phishing page).

Segitu dulu tips-tipsnya, silakan ditambahkan ;)



---000---

Balikpapan, 9 Juni 2011
Syamsul Arifin
*gambar diambil dari sini
**postingan lain terkait: Fake Facebook Email

5 comments:

  1. waaaaaaaaah..ilmu bRU

    jazakallah 4 sharing

    ReplyDelete
  2. kl bukany lwt hp lbh amankan?mksih infony

    ReplyDelete
  3. wah baru tau, makasih ya PIn Ilmu barunya.
    untuk yg poin 3, i did it. untuk poin agak susah juga ya.
    kadnag kita perlu email seseorang malah lewat FB-nya

    ReplyDelete
  4. boljug tuh tipsnya. Jadi pgn bikin email baru yg ecek2 buat login hehe

    ReplyDelete