11 October 2012

Widget Related Posting

Guna memudahkan pembaca blogs kita untuk menemukan postingan-postingan lain/terkait yang mungkin memiliki konten yang hampir sama, ada widget yang bagus yang bisa diinstall. Namanya: nrelated.

Snapshot contoh widgetnya di blogs saya:




Cara membuatnya:

  1. Kunjungi http://nrelate.com/
  2. Cara penginstallannya ada penjelasannya di halaman web itu (silakan dibaca disana detailnya lebih lengkap). Tapi sekedar ringkasan, kita bisa langsung installing without signing up for an account – default settings only (install tanpa perlu daftar -tapi kita ngga bisa utak-atik settingan standarnya), atau kita daftar dulu supaya bisa lebih leluasa edit settingannya.
  • Kalau mau daftar, diklik "Partner Login" di menu website nrelate di pojok kanan atas. Klik "create an account" isi semua kolom-kolomnya.
  • Nanti dia akan kirim email untuk aktifasi ke alamat email yang kita gunakan. Cek inbox emailmu. Aktifkan akun kita dengan mengklik link di email tersebut.
  • Setelah aktif, silakan login dengan user name dan password yang sudah dipilih
  • Setelah login, di menu atasnya, ada pilihan "install", klik aja, nanti keluar halaman baru. Di halaman baru itu, kita diminta masukin alamat blogs yang mau kita buat. masukkan alamat blogs yang mau dipasangi widgetnya. Nanti ada opsi apakah kita mau widget ini hanya tampil di postingan saja atau di home blogs kita (atau di keduanya), silakan pilih.
  • Atur settingannya kalau mau edit, klik menu "manage settings", utak-atiklah sesuka hati. Bisa mau pake thumbnail atau teks saja, mau berapa banyak related post yang ditampilkan, dll.
Settingan untuk blogspot saya
Sebetulnya, selain nrelate, ada juga widge untuk buat related posting dari: Outbrain dan LinkWithin. Bisa dilihat dan dicoba sebagai pembanding.

Selamat memasang :)

4 comments:

  1. Wah, ternyata ada ya selain linkwithin. Saya juga pakai semacam ini tapi pake cara manual, mas---> edit html :D

    Btw, request dong captchanya dihilangkan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang versi edit HTML agak ribet, nanti malah ngerubah theme euy :D

      *ok, captchanya dah tak hilangin :)

      Delete
  2. wuaaah...roaming saya :D
    anyway, thanks sharingnya mas

    oh iya, akun BS saya ganti, skrg yg aktif yg ini. Mau dunk di polou :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah.., ganti lagi toh.., yg kemarin knp mba..?

      Delete