07 January 2013

Situs AusFis Mencurigakan

Baca iklan di kompas.com, yang intinya kalau tertarik mengajukan visa kerja di Australia, mereka bisa melakukan assessment.

Saya tertarik kerja di luar negeri, makanya nge-klik iklan itu, dan diarahkan ke website: http://www.ausfis.org/_sys/EN/four_weeks.aspx?af=uase_&gclid=CMmJ_PqZ1bQCFUd66wodFi0ARw

 

Karena pengen tau apa sih Ausfis, saya ga langsung daftar, tapi pengen liat website aslinya si Ausfis ini. Buka: www.ausfis.com

Setelah baca-baca, saya kok kurang begitu yakin dan ragu.

Akhirnya coba browsing, dan menemukan beberapa forum/diskusi/tanya-jawab yang meragukan bahkan menyebutkan bahwa si AusFis ini penipuan. Saya sedikit ringkaskan beberapa hal/keraguan berikut:

  • domain webnya pake .org bukan organisasi pemerintah semisal .gov
  • di web mereka sendiri, alamat yang dicantumkan adalah alamat di Inggris, masa untuk ngurus visa Australia, tapi orangnya di Inggris?
  • kalau kita sudah mendaftar, maka mereka nantinya akan nelpon dan/ ngirim email nanyain beberapa hal. Salah satu hal yang ditanyain terkait informasi perbankan kita (kartu kredit). Memberikan informasi yang saya rahasia seperti nomor kartu kredit ke orang lain yang belum dipercaya adalah blunder besar
  • kalau memang tertarik daftar visa, ajukan lewat agen yang resmi terdaftar
Kalau mau baca-baca forum yang diskusiin tentang website Ausfis bisa liat-liat:

Sekedar ngasih warning ajah. Kalau memang dugaan saya ini salah, mohon dimaafkan dan diabaikan aja postingan ini.
Saya juga udah ngasih warning ke kompas.com dengan ngirimin redaksnya email.

2 comments: