24 March 2008

Mendekat Kepada Allah dan Meraih CintaNya

Oleh: Syamsul Arifin*

 

Dan tidaklah seseorang hambaKu itu mendekat padaKu dengan sesuatu yang amat Kucintai lebih daripada apabila ia melakukan apa-apa yang telah Kuwajibkan padanya. Dan tidaklah seseorang hambaKu itu mendekatkan padaKu dan melakukan hal-hal yang sunnah sehingga akhirnya Aku mencintainya. Maka apabila Aku telah mencintainya, Akulah yang sebagai telinganya yang ia gunakan untuk mendengar, Akulah matanya yang ia gunakan untuk melihat, Akulah tangannya yang ia gunakan untuk mengambil dan Akulah kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Andaikata ia meminta sesuatu padaKu, pastilah Kuberi dan andaikata memohonkan perlindungan padaKu, pastilah Kulindungi." (Riwayat Bukhari)

 

Menjadi hamba yang dekat dengan Allah, ternyata gampang kok. Rasulullah saw menjelaskan bahwa kita cukup melakukan hal-hal yang telah Allah wajibkan agar bisa menjadi hamba yang dekat denganNya.

 

Hal-hal yang Allah wajibkan untuk kita itu jelas dan terperinci, karena memang terbatas dan hanya sedikit jumlahnya. Begitu pula dengan hal-hal yang telah Allah larang, larangan-larangan tersebut jelas dan terperinci karena memang hanya sedikit batasannya.

 

Hadist riwayat Thalhah bin Ubaidillah ra., ia berkata: Seseorang dari penduduk Najed yang kusut rambutnya datang menemui Rasulullah saw. Kami mendengar gaung suaranya, tetapi kami tidak paham apa yang dikatakannya sampai ia mendekati Rasulullah saw. dan bertanya tentang Islam. Lalu Rasulullah saw. bersabda: (Islam itu adalah) shalat lima kali dalam sehari semalam. Orang itu bertanya: Adakah shalat lain yang wajib atasku? Rasulullah saw. menjawab: Tidak ada, kecuali jika engkau ingin melakukan shalat sunat. Kemudian Rasulullah bersabda: (Islam itu juga) puasa pada bulan Ramadan. Orang itu bertanya: Adakah puasa lain yang wajib atasku? Rasulullah saw. menjawab: Tidak, kecuali jika engkau ingin melakukan puasa sunat. Lalu Rasulullah saw. melanjutkan: (Islam itu juga) zakat fitrah. Orang itu pun bertanya:Adakah zakat lain yang wajib atasku? Rasulullah saw. menjawab: Tidak, kecuali jika engkau ingin bersedekah. Kemudian lelaki itu berlalu seraya berkata: Demi Allah, aku tidak akan menambahkan kewajiban ini dan tidak akan menguranginya. Mendengar itu, Rasulullah saw. bersabda: Ia orang yang beruntung jika benar apa yang diucapkannya (Hadits Sahih Riwayat Imam Muslim)

 

Dan lebih jauh lagi, jika kita ingin mendapat cinta dari Allah, maka kita hanya perlu mengerjakan amalan-amalan sunnah atau amalan tambahan. Karena kedekatan kita kepadaNya dan tambahan perbuatan sunnah yang kita lakukan akan membuat kucuran cinta Ilahi. Subhanallah, luar biasa kan..

 

Adakah cinta yang lebih indah selain cintanya Allah..?

Adakah yang lebih agung selain cinta dari Allah.?

Adakah yang lebih mulia selain dicintai Allah..?

 

Belum lagi faedah yang bisa kita dapat jika Allah telah mencintai kita. Kita kan terjaga mata, telinga, tangan dan kaki dari hal-hal yang tidak berguna, dan mendapatkan hal-hal yang bermanfaat dari indra-indra tersebut. Juga kita akan dipenuhi segala keinginan ataupun doa-doa kita.

 

Andaikata ia meminta sesuatu padaKu, pastilah Kuberi dan andaikata memohonkan perlindungan padaKu, pastilah Kulindungi

 

So, mari kita mendekat kepada Allah dengan mengerjakan hal-hal yang Ia perintahkan. Dan mari kita raih cinta ilahi dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah.

 

Hayooo, siapa yang mau menjadi hamba-hamba Allah yang dekat denganNya dan menjadi hamba-hamba Allah yang dicintaiNya…?

 

 

---

Jakarta, 24 Maret 2008

*yang mengharap kedekatan denganNya dan mengharap dicintaiNya

5 comments:

  1. klo ditanya siapa yg mau...., pasti semua pada ngejawab maaauuuuuuuuu.....
    cuma intinya mau ga kita berusaha u/ mewujudkannya ....
    makasih mas artikelnya :)

    ReplyDelete
  2. semua orang pasti mau , termasuk saya * tunjuk tangan tinggi2*

    ReplyDelete
  3. Tidak akan ada cinta yang lebih indah selain cinta Mu Yaa Rabb
    Tidak akan ada cinta yang lebih agung selain cinta Mu Yaa Rabb
    Tidak akan ada cinta yang lebih mulia selain cinta Mu Yaa Rabb
    Allahu Rabbi, adakah hamba telah mencintai Mu?
    Allahu Rabbi, adakah hamba merindui Mu?
    Allahu Rabbi, jangan palingkan wajahMu dari ku..

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum.........
    akhi artikel ini dah ana masukin k mp, syukron ya...

    ReplyDelete
  5. T_T dengan segala noda yang berserakan dijiwa, pantaskah aku menyebut diriku sebagai hambaMU...
    Ya ALLAH ridhoilah langkah-langkah kecil dan rapuhku ini untuk dapat mendekat dan mendekapMu

    ReplyDelete