18 January 2011

Jihad adalah...

Jihad adalah kesungguhan untuk selalu berjuang di jalan Allah. Menapaki jalan yang bisa menurunkan keridhoan-Nya dan berusaha sekeras tenaga untuk menjauhi (bahkan melawan) hal-hal yang bisa mendatangkan kemurkaan-Nya. Bukankah dengan begitu kita bisa berjihad setiap hari..?

2 comments:

  1. Wah jadi banyak tanda tanya ni kang.
    Jika itu disebut difinisi jihad, lalu dimana letak sifat difinitifnya, bukankah definisi itu berarti batasan arti dan makna sebuah istilah?
    Jika jihad didefinisikan seluas itu, berarti shalat itu jihad, puasa jihad, sekolah jihad...karena semua membutuhkan kesungguhan, bukan? Jika itu adalah jihad lalu mengapa tidak kita sebut saja semua sebagai jihad, bukan yang lain?
    Jika semua usaha dan kesungguhan itu kita sebut jihad, lalu untuk apa ada aturan, ada ganjaran yang spesifik utk setiap amalan?
    Ah...macam mana nich?

    ReplyDelete
  2. untuk lebih detail dapat pemahaman yang komprehensif tentang jihad, silakan cek bukunya DR Yusuf Qardhawi, Fiqh Jihad *ada di toko2 buku :)
    sedikit review dari onislam: http://www.onislam.net/english/shariah/contemporary-issues/interviews-reviews-and-events/412138-al-qaradawis-fiqh-of-jihad-book-review-311.html
    *bahkan perjuangan melawan korupsi dan ketidakadilan adalah salah satu bentuk jihad juga :)

    ReplyDelete