29 July 2013

Arti Nama Anak Kedua

Alhamdulillah tanggal 22 Juli 2013, jam 02.04 WITA, telah lahir anak kedua kami, lahir normal, laki-laki, berat 3,8 kg, panjang 54 cm di RS Pertamina Balikpapan. Semoga menjadi anak yang shaleh, cerdas, sehat dan tampan *amin :)

Kami beri nama: Yusuf al Qawiy.


Tiga hal yang menginspirasi nama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Nabi Yusuf AS

Nabi Yusuf bukan hanya terkenal karena ketampanannya saja, tapi sebetulnya ada lebih banyak lagi yang bisa dipelajari dari kisah kehidupan beliau. Bisa dibaca ceritanya di surat ke 12 di dalam Al-Quran, surat Yusuf, yang terdiri dari 111 ayat.

Menurut saya pribadi, karakter nabi Yusuf AS adalah tipikal orang yang sabar (sabar menerima cobaan, sabar menolak keburukan dan sabar dalam menjalankan ketaatan), berilmu (mengetahui ta'bir mimpi dan manajemen logistik tata negara) serta pastinya memiliki ketakwaan yang tinggi kepada Allah SWT. Selengkapnya bisa dibaca di surat Yusuf di dalam Al-Quran dan cermati hikmahnya melalui tafsir-tafsir yang menjelaskan surat tersebut.

Saya lampirkan tafsir Ibnu Katsir Surat Yusuf sebagai referensi bacaan.

2. Asmaul husna

Qawiy adalah salah satu asmaul husna (nama-nama baik Allah), yang artinya yang Maha Kuat. Semoga Yusuf al-Qawiy menjadi anak yang kuat, kuat secara fisik, fikriyah (pemikiran, cerdas, bijaksana, cemerlang), dan ruhiyah (agamanya kuat, iman dan islamnya kuat dipegang teguh).

Mengenai penggunaan nama asmaul husna sebagai nama anak, bisa dibaca postingan saya sebelumnya mengenai topik ini.

3. Yusuf al Qardhawi

Yusuf Al Qardhawi adalah ulama favoritku. Saya banyak baca beberapa buku-buku beliau, dan saya terinspirasi, bersemangat menuntut ilmu lebih banyak oleh percikan awal buku beliau (fatwa-fatwa kontemporer). Beliau lahir di Mesir dan sekarang berkarya di Qatar. Pada usia 10 tahun, beliau sudah hafal Al-Quran. Beliau alumni Al-Azhar, dan sangat cemerlang dalam pendidikannya. dan beliau juga merupakan salah seorang da'i internasional yang sudah tak terhitung lagi perjuangan dan pembelaannya terhadap Islam, saat ini, beliau menjadi ketua Persatuan Ulama Sedunia. Semoga Allah merahmati beliau.

Saya tidak mempergunakan namanya secara utuh, karena orang baik pasti banyak musuhnya, demikian pula beliau, di beberapa negara beliau di cekal, walau beliau terkenal sebagai seorang ulama yang 'moderat'. Karenanya semoga Yusuf Al-Qawiy -anak saya- bisa mengikuti dan meneladani jejak ulama besar abad 21 ini. Situs beliau bisa diakses di: http://qaradawi.net/

Semoga Yusuf al Qawiy bisa menjadi anak kebanggaan kami, di dunia dan di akhirat *amin.

2 comments:

  1. Alhamdulillah. Barakallah ya mas Syamsul. Semoga Yusuf menjadi anak yang soleh. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Katerina doanya. Amiiiin :)

      Delete