29 July 2013

Memberi Nama dengan Asmaul Husna

Sumber: http://www.syariahonline.com/v2/aqidah/2507-memberi-nama-dengan-asmaul-husna.html

Assalamu alaikum wr wb.

Pertanyaan:
langsung aja ya ustadz....
bolehkan memberi nama anak dengan asmaul husna tanpa sebutan abdul sebelumnya.....bolehkan menggunakan kata turunan dari asmaul husna tanpa sebutan abdul sebelumnya...misal namanya RASYAD , bukan ABDUL RASYAD (Asal Kata Asmaul Husnanya RASYID) Terima kasih ustadz. Wassalamu alaikum.

Jawaban:
Assalamu alaikum wr.wb.

Nama-nama Allah (Asmaul husna) terbagi dua:

1. Nama-nama yang hanya khusus milik Allah. Maka nama ini tidak boleh dipergunakan untuk selain-Nya. Misalnya; Allah, Rabb, ar-Rahman, al-Ahad, ash-Shamad dst. Jadi nama-nama semacam ini tidak boleh diberikan kepada manusia kecuali dengan didahului oleh kata Abd seperti Abdullah, Abdurrahman dst.

2. Nama-nama yang tidak khusus untuk Allah. Nah yang ini boleh dipergunakan untuk nama manusia. Misalnya: Sami, Bashir, Ali, Hakim, Rasyid, dst. Ada di antara sahabat yang memiliki nama seperti itu. Misalnya Ali ibn Abi Thalib. Jadi yang dilarang adalah nama yang hanya layak disandang oleh Allah.
Adapun memergunakan nama turunan dari asmaul husna seperti yang Anda contohkan diperbolehkan selama memiliki makna yang baik dan tepat.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment