13 August 2014

Tujuan hidup

Dalam hidup, kita perlu memahami tujuan hidup dan cara meraihnya.

Saya membagi tujuan hidup menjadi 2: jangka pendek dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek adalah goal kita selama hidup di dunia. Mau hidup sukses, kaya, sehat, dst.

Dalam tujuan jangka pendek ini, perlu kita juga definisikan seberapa sukses sebuah kesuksesan yang hendak dicapai, seberapa kaya kekayaan yang dapat kita sebut kaya?

Apakah memiliki gaji sebanyak 7 digit itu sukses? Apakah sekedar punya motor sudah cukup kaya? Ini penting supaya kita juga bisa mengukur pencapaian hidup. Bisa jadi ternyata apa yang sudah kita raih sekarang ini sebetulnya sudah mencapai indikator BERHASIL alias sukses, sehingga kita jangan sampai lupa banyak-banyak bersyukur atas segala yang didapat. Alhamdulillah!

Tujuan jangka panjang -yang sesuai Islam pastinya- adalah masuk surga.

Memahami kedua tipe tujuan hidup ini penting diingat agar selalu eling/mawas diri akan arah yang hendak dituju DAN langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

Memahami CARA meraih kedua tujuan hidup memberikan kita kejelasan mengenai bagaimana bersikap, apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan, dan apa-apa saja yang harus dilakukan dalam hidup.

Kalau kita tidak paham bagaimana cara yang diperlukan, kita akan kehilangan karakter, identitas dan nilai yang dipunyai. Untuk hal ini, sangat penting mengenali nilai Islam, karena dengan mendalami agama, kita jadi jelas mengetahui apa yang boleh-tidak boleh dan bagaimana bersikap. Jadilah diri kita menjadi seorang muslim yang berkarakter, bukan seseorang yang mudah diombang-ambing/dipengaruhi lingkungan-teman-atasan dll.

No comments:

Post a Comment