07 December 2009

Orang yang Sudah Menikah Harus Menjaga Pandangan Juga Toh?

Abdullah Ibnu Mas'ud RA berkata: Rasulullah SAW bersabda pada kami: "Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu." (Muttafaq Alaihi)

Katanya menikah dapat lebih “menundukkan pandangan”, lalu kenapa tidak sedikit juga orang-orang yang sudah menikah, matanya tetap “liar” ketika melihat lawan jenis, diumbar, mengikuti kemana arah geraknya, mengamati tiap detail lekuk tubuhnya..? Bahkan pada beberapa orang diperturuti hawa nafsunya, lebih jauh dari sekedar zina mata! Nauzubillah.

Apa yang salah? Kenapa bisa begitu ya?

“Aku sudah menikah, seharusnya lebih dapat mengendalikan diri?”

Memang sih, ketika kita sudah menikah, ada “penyaluran” resmi ketika tergoda,

Apabila seorang dari kamu tertarik melihat seorang perempuan dan terkesan dalam hatinya, maka hendaklah menggauli isterinya sendiri karena hal itu akan meredam gejolak dan gangguan dalam dirinya. (HR. Muslim)

Tapi, status “sudah menikah” bukan berarti legalitas bahwa anda memiliki “keimanan lebih”, sehingga membuat anda berhak/dapat bebas begitu saja memperturutkan hawa nafsu, membiarkan mata tak terjaga.

Perintah menjaga pandangan di surat An Nuur ayat 30-31 tidak berlaku bagi para bujangan saja, tapi juga berlaku bagi SEMUA kaum muslimin, kepada orang-orang yang merasa punya keimanan, baik pria maupun wanita.

Hawa nafsu yang tidak baik itu jangan diperturutkan. Dikendalikan, agar tidak menjadi raja (berkuasa) dalam diri kita. Kalau sudah menikah, manfaatkan yang sudah sah (istri) saja. Apalagi akan mendapat kebaikan/pahala juga, jika diarahkan kepada yang halal..!



---000---

Balikpapan, 7 Desember 2009
Syamsul Arifin

6 comments:

  1. alhamdulillah, baru kali ini kayaknya ada seorang suami yg mempaparkan penjelasan di atas :)
    semoga dirimu terjaga oleh Sang Maha Pengasih agar sll berada dlm jalanNYA yg Lurus :)

    ReplyDelete
  2. Tulisan yg bagus..

    Stiap pasangan yg sdh mnikah,tentunya tetap jaga pandangan..

    Jk tdk,ini bs mngganggu keharmonisan kluarga..

    ReplyDelete
  3. Teuteup Jaga pandangan Before and After Merried, No change :D

    ReplyDelete