03 January 2008

Catatan Awal Tahun (Refleksi Akhir Tahun 2007)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah tuk segala nikmat yang telah hamba terima di tahun lalu. Astagfirullah hal adzim, semoga Allah mengampuni segala dosa dan kesalahan serta kelalaian yang tlah ku perbuat selama tahun itu.

 

Ada banyak hal yang telah terjadi selama Tahun 2007 . Semoga itu semua menjadi hal yang bisa membuat saya menjadi orang yang jauh lebih baik dari sebelumnya (amin).

 

Ada tawa, kebahagiaan, kebanggaan, dan juga tetesan air mata yang mengiringi catatan perjalanan tahun ini, yah, semua itu masih menandakan bahwa saya ini hanyalah sekedar manusia biasa.

 

Sharing yang bahagianya aja ah :D

 

Aktivitas

 

Alhamdulillah, masih tetap bisa aktif di organisasi(s), masih ikutan di DPR (Dewan Pimpinan Ranting) PKS Pamulang Barat di divisi Kaderisasi, Forkomal (Forum Komunikasi Mahasiswa dan Alumni) K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) FKM UI, Ikraf (Remaja Mushola Al Fitrah), MyQuran Jabodetabek di tim DS (Da’wah Sekolah) dan divisi Kaderisasi, dan tambahan di SPE (Society of Petroleum Engineer) Java Section di Technical Group Discussion. Walau terkadang suka jenuh dan pernah terlintas tuk minimal ambil waktu tuk diri sendiri… fiuh…, tapi Alhamdulillah, semoga bisa jadi amalan yang memberatkan timbangan kebaikan saya di akhirat nanti.

 

Pekerjaan

 

Di tahun 2007 saya mengembil keputusan yang menurut saya sangatlah berani. Sebelumnya saya bekerja di PT. Pandu Selamat Utama yang bergerak di bidang H2S Safety Services dengan posisi dan status kerja yang lumayanlah, pekerja permanen dan aktivitasnya juga tidak terlalu sibuk, namun saya memilih tuk pindah ke PT. Multi Production Solution yang bergerak di bidang Production Facility untuk industri Minyak dan Gas Bumi, dengan posisi yang tidak jauh berbeda, benefit yang meningkat, namun dengan status sebagai karyawan kontrak (satu tahun).

Sebetulnya saya sudah merasa nyaman di Pandu, dengan lingkungannya dengan rekan-rekan kerjanya, dan juga dengan pola aktivitasnya, namun ya karena ada “sesuatu” yang membuat saya merasa tidak nyaman, dikerdilkan, dan dimatikan potensinya, makanya saya memilih tuk menyelamatkan diri. Dan disinilah sekarang saya berada.

 

Kedepannya gimana? Tetap, saya kan cari terus tempat dimana saya bisa memaksimalnya potensi diri, belajar, dan menjadi orang yang hebat, dengan tantangan kerja yang lebih besar dan lebih kompleks. Semoga.

 

Pendidikan

 

Masih tetap terobsesi dengan beasiswa S2. Namun apa daya, kesempatan itu belum jatuh ke tangan saya. Penolakan terakhir dari Aminef, program beasiswa master di Amerika, sebelumnya dari Stuned, program beasiswa master juga tuk diBelanda. Hiks… padahal di Belanda saya sudah diterima di program Master of International Public Health di Royal Tropical Institute KIT. Dan kemarin juga sempat ngobrol-ngobrol dengan alumni FKM yang baru pulang dari Belanda, dijelasin bahwa kalau dari swasta, kemungkinannya kecil… hiks… makin tipis deh… namun saya tetap kan berusaha…

 

Ngga tau kenapa, terobsesi banget tuk keluar (negeri)…

 

Dan kemarin juga apply yang program Maangement Trainee-nya (Management Development Program) Bank Muamalat yang bilang tuk penempatan di luar negeri atau daerah. Hmmm, mungkin pengen cari suasana baru, mencari tantangan baru, ya… atau melebarkan sayap da’wah… entahlah, karena di lingkungan sekitar aja sudah sangat banyak peluang amal. Mungkin hanya ingin merasakan perasaan kerja di lingkungan yang multikultural kali ya… hmmm… atau sekedar obsesi pribadi alias ambisi… yang pasti ada rasa ketertarikan yang kuat dalam diri yang mengarah kesana. Bahkan, rencananya, kalau memang tidak dapat dari aspek pendidikan, saya mau mencoba jadi relawan PBB ke luar negeri :D dulu memang pernah apply, tapi karena kurang umur, ditolak deh… nanti klo dah 25 tahun, saya apply lagi ngga ya… :hmmm:

 

Keluarga

 

Alhamdulillah, keluarga secara umum dalam keadaan sehat, bapak, ibu, kakak, adik dan keponakan tidak mengalami kendala berarti dalam kesehatan. Dan sudah kira-kira lebih dari setahun “hal” itu telah berjalan. Hmmm…

 

Mengenai rencana keluarga pribadi (pasangan hidup, -red), semoga bisa terlaksana dalam tahun ini (2008), meskipun masih belum jelas siapa calonnya. Pengennya sih tahun 2007 lalu, tapi apa daya, tiap orang berhak memilih. Dan alhamdulillah tidak terpilih, jadi bisa belajar banyak, mengenai ego diri, kelurusan niat, kesabaran, kedekatan dengan Allah, dan hentakan yang mengajarkan mengenai siapa diri saya sebenarnya.

 

Kedepannya, saya coba mengait dengan prospek karir dan pendidikan, ada beberapa syarat yang sedang saya inginkan, ya semoga saja dapat yang terbaik. Insya Allah bukan syarat yang macem-macem kok, kayak saya lulus syarat mereka aja, atau kayak saya ini siapa aja… tapi lebih kepada hal-hal yang terkait dengan diri saya, dan juga dengan rencana-rencana saya.

 

Pokoknya target saya adalah ketika masa pemilu presiden 2009, sudah bisa menggandeng seseorang bidadari lah ^-^ semoga ada bidadari yang terjerat :hihi:

 

Personal

 

Ngga terasa, saya sudah satu tahun hidup berpisah dari orang tua :) meskipun masih sering mampir dan nginap di rumah orang tua, tapi minimal dah bisa survive-lah selama setahun :D

 

Mengenai targetan-targetan tahun 2007, jelas meleset semua. Target untuk buat buku, jadi pembicara seminar, jadi trainer K3, jadi bagian dari auditor, dapat beasiswa, dan bekerja di NGO Internasional, semuanya ngga ada yang tercapai. Huuuu… apa mungkin sayanya yang tidak realistis dalam menetapkan targetan yaw, atau saya-nya saja yang tidak bisa fokus dan bersungguh-sungguh dalam meraih impian… jelas hal ini perlu ditinjau ulang.

 

Mengenai program-program peningkatan pribadi juga seperti itu.. banyak program-program harian, mingguan, dan bulanan saya yang hanya menjadi tulisan indah yang mengawang-ngawang… hmmm… kedepannya mungkin perlu dilakukan evaluasi kali ya dalam rentang waktu yang lebih singkat…

 

Mengenai tulisan, alhamdulillah, tahun ini lima (5) tulisan saya dimuat di majalah Katiga, honornya sih tidak seberapa, tapi minimal kebahagiaannya :)

 

Harapan

 

Semoga tahun ini (2008) menjadi tahun yang luar biasa bagi saya untuk dunia saya dan untuk akhirat saya… amiiiin :)

 

 

-Semoga bisa istiqomah, bersabar, bersyukur, bersemangat dan menjadi insan yang lebih baik-

 

Syamsul Arifin

3 Januari 2008

12 comments:

  1. semoga rencana di awal tahun ni, bisa tercapai yak? semangadh

    ReplyDelete
  2. amin... terima kasih atas doanya :)

    ReplyDelete
  3. sukses, ya Pin
    amiin...
    moga terkabul deh mimpi2mu , nak :D

    ReplyDelete
  4. amiiin...
    semoga apa yang saya impikan terlewati :)

    ReplyDelete
  5. smg ap yg ipin inginkan tcapai smua.aminnnnn
    smgt bro (^_^)

    ReplyDelete
  6. Amiin..
    Semoga Allah menghendaki..

    ReplyDelete
  7. ya Allah realisasikan impian2 ipin...

    ReplyDelete
  8. Mudah2an keinginanmu untuk lanjut S2 terwujud secepatnya ya Pin :)

    ReplyDelete
  9. bermimpilah...kalo tidak hari ini besok pasti terkabul

    ReplyDelete
  10. Amiiin... Best wishes for you all the way :)

    ReplyDelete
  11. koh ipinnnnnnnnnn... nanti kalo sudah ada bidadari yang tergandeng bilang² yahh

    ku tunggu kabarnya.... OK...

    ReplyDelete