28 February 2008

Cara Mencari Jawaban Ustadz H. Ahmad Sarwat, Lc. di Situs Eramuslim

Jumat, 22 Peb 08 06:39 WIB

Assalamu 'alaikum

Saya seringkali dipojokkan untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan masalah syariah. Dan ternyata saya sering mendapatkan jawaban yang tepat di situs ini. Hanya sayangnya, situs ini tidak ada mesin pencari yang khusus mencari jawaban yang sudah tersedia.

Kalau boleh tahu, bagaimana caranya untuk bisa melakukan pencarian yang lebih mudah dan tepat?

Mohon dijelaskan ada berapa banyak jumlah jawaban yang tersedia di situs ini khususnya rubrik yang pak Ustadz asuh. Dan mohon juga disebutkan berapa pertanyaan yang masih antri atau waiting list untuk dijawab?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas semua yang telah ustadz lakukan, sungguh sangat berguna. Mungkinkah kami dapat meminta kesediaan ustadz untuk memberikan taushiyah di tempat kami, mohon minta nomor kontak ustadz.

Shalihah
maratunsholihah@yahoo.com

Jawaban

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Memang benar sekali bahwa salah satu kekurangan situs kami ini adalah belum adanya mesin pencari yang khusus untuk mendapatkan jawaban yang sudah diposting. Mesin pencari yang kami miliki masih belum mampu membedakan antara satu rubrik dengan rubrik yang lain.

Insya Allah ke depan kami akan upayakan apa yang anda inginkan, agar dapat memudahkan para pembaca. Doakan agar programer kami siap begadang untuk mengerjakannya, mumpung belum ada isterinya.

Sementara ini, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari semacam Google untuk mencari jawaban di rubrik Ustadz Menjawab. Caranya sederhana, setelah anda buka Google, maka ketikkan: site: eramuslim.com/ustadz "topik", lalu enter.

Bila anda ingin mencari jawaban tentang "bai'at" misalnya, maka ketiklah di google site: eramuslim.com/ustadz "bai'at", maka akan muncul semua jawaban yang ada kata "bai'at."

Percayalah, kami sendiri ketika butuh melihat ulang jawaban yang pernah diposting di rubrik ini, juga menggunakan jasa Google.

Jumlah Jawaban Yang Tersedia

Database yang kami miliki sampai hari ini menunjukkan ada 1.500 jawaban yang tersedia. Namun dibandingkan dengan soal yang masuk ke database kami, memang masih jauh. Sampai hari ini soal yang sudah masuk berjumlah 13.147 petanyaan. Jadi jawaban yang masih dalam status waiting list alias belum terjawab adalah 11.649 buah.

Lumayan banyak dan sebenarnya terlalu banyak. Penjelasan mengapa tidak semua pertanyaan dijawab ada beberapa faktor.

Pertama, karena kuota jawaban memang dibatasi hanya beberapa pertanyaan saja perhari.

Kedua, karena ada beberapa pertanyaan yang terulang-ulang. Maksudnya, pertanyaan yang sejenis dan mirip sudah dijawab sudah pernah ditampilkan, tapi barangkali karena malas mencari atau memang belum ada mesin pencari yang powerfull, akhirnya muncullah pertanyaan yang sama berulang-ulang.

Ketiga, sebagian dari penanya bertanya hal-hal yang sifatnya pribadi dan meminta kami menjawab secara pribadi lewat email. Tentu saja pertanyaan yang seperti ini tidak mungkin diposting di situs ini.

Keempat, ada beberapa pertanyaan yang sifatnya sekedar komentar, masukan, informasi, bahkan ada juga yang sekedar mengetesdan gugatan. Yang begini biasanya juga tidak kami tanggapi lewat jawaban di rubrik ini.Tapi jumlahnya sangat sedikit.

Kelima, ini yang paling esensial. Bahwa ilmu dan pengetahuan kami sangat terbatas, sehingga tidak mungkin semua pertanyaan bisa dijawab. Kapasitas kami bukan ulama dan bukan juga mufti, kami hanyalah seorang yang berupaya mencari rujukan atas beberapa masalah yang sebenarnya sudah difatwakan oleh para masyaikh dan ulama besar di bidang hukum Islam.

Dan kami kemudian berupaya menyuguhkannya kepada masyarakat pembaca di jagad maya. Dengan harapan ada yang bisa dimanfaatkan. Kalau kebetulan apa yang kami sampaikan itu tidak berkenan di hati, atau bahkan juga mungkin salah, kasar, tidak sopan atau menyakiti hari, tentu semua karena kelemahan dan keterbatasan kami.

Semoga Allah SWT mengampuni semua kekurangan dan keterbatasan itu. Dan kami meminta keluasan hati para pembaca untuk sudilah kiranya memaafkan dan mengikhlaskannya.

Pada prinsipnya kami bersedia untuk menghadiri undangan dan silaturrahim, yang penting dikoordinasikan dengan baik masalah waktunya. Silahkan hubungi pak Tio di 999-80-000 atau 0813-999-80-000. Karena pak Tio lah yang mengatur waktu saya untuk mengisi acara bedah tema Eramusiim Digest atau acara-acara kajian lainnya.

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

Sumber: http://www.eramuslim.com/ustadz/dll/8221094207-cara-mencari-jawaban-ustadz.htm

No comments:

Post a Comment