18 February 2008

E-Book Ikhwanul Muslimin: Deskripsi, Jawaban Tuduhan, dan Harapan

Ikhwanul Muslimin, bukanlah nama asing di belantara pergerakan Islam modern. Kiprah dan peran yang dilakukan da'wah Ikhwanul Muslimin, sebagai salah satu pelopor gerakan Islam yang muncul tahun 1327 H/ 1928 M di Mesir, diakui telah memberi warna perubahan yang cukup besar dalam menumbuhkan dan membina semangat perjuangan menegakkan syari'at Islam dalam kehidupan nyata. Tak keliru bila sejumlah tokoh da'wah Islam menyebutkan organisasi da'wah yang dibangun Ikhwanul Muslimin mewakili organisasi yang paling besar dewasa ini.

Dengan mengadopsi da'wah salafiyyah sebagai salah satu prinsip gerakan da'wahnya, Ikhwanul Muslimin menekankan pada pentingnya penelitian dan pembahasan terhadap dalil, serta urgensi kembali kepada al-Qur'an dan Sunnah secara murni dan konsekuen. Membersihkan dari segala bentuk kemusyrikan untuk mencapai kesempurnaan tauhid. Ikhwan juga mengambil nilai positif dari tasawwuf sebagai sarana pendidikan dan peningkatan jiwa, tanpa penyimpangan aqidah, jauh dari segala bentuk bid'ah, khurafat, menghina diri dan sifat negatif.

Hasan al-Banna, sang pemimpin pertamanya, telah merangkum pemahaman tersebut dalam da'wah Ikhwan. Ditambah dengan konsepsi-konsepsi yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan kondisi. Sehingga da'wah Ikhwan mampu menghadapi berbagai arus yang melanda Mesir dan dunia Islam pada umumnya. Namun demikian, ide-ide dan pemikiran tentang Ikhwanul Muslimin ini tak luput dari pemahaman yang negatif yang muncul dari sementara kalangan. Bahkan tidak jarang muncul tuduhan-tuduhan yang sesungguhnya sangat jauh dari kenyataan. Sementara kalangan menempelkan ide pemikiran ghuluw (ekstrimisme), irhabiyah (terorisme), bid'ah, bahkan syirk, dengan gerakan Ikhwan, pendiri dan sejumlah tokohnya.

Tulisan Syaikh Jasim Muhalhil ini merupakan salah satu alternatif bagi siapa saja, untuk mengetahui lebih utuh dan lebih dekat dengan ashalah (orisinalitas) pemikiran Syaikh Hasan al-Banna – rahimahuLlah - dan gerakan da'wah Ikhwanul Muslimin.

Dalam buku ini, sebelum dikupas berbagai anggapan atau tuduhan sementara pihak terhadap Ikhwanul Muslimin, penulis lebih dulu mendeskripsikan secara komprehensif berbagai prinsip dan karakteristik pemikiran yang melandasi da'wah Ikhwan. Dengan demikian, kemunculan berbagai persepsi negatif dari sementara pihak yang terutama sekali dilatarbelakangi oleh kekurangan memahami ide dan pemikiran da'wah Ikhwan secara utuh dan orisinil dapat diluruskan.


***

Akhi da'iyah,
Jangan jadikan hatimu mudah dihanyutkan syubuhat,
seperti bunga karang di tepi laut yang kian ternoda manakala diterpa gelombang air.
Jadilah bak cermin yang tetap kokoh.
Berbagai isu dan tuduhan hanya lewat di hadapannya,
dan tidak menetap padanya.
Cermin menolak semua itu dengan kekokohannya.
Bila tidak demikian,
bila hatimu menghirup semua syubhat yang melewatinya,
niscaya ia akan menjadi sarang segala tuduhan dan isu yang tak jelas.

Ketahuilah, di antara kaidah syari'at dan hikmah menyebutkan,
bahwa siapa yang banyak dan besar kebaikannya,
dan telah menanam pengaruh nyata di dalam Islam,
mungkin saja melakukan kekeliruan yang bisa jadi tidak dilakukan orang selainnya.
Orang seperti itu dapat dimaafkan.
Maaf yang tidak diberikan pada selainnya.
Sesungguhnya kema'shiatan itu adalah kotoran,
dan air bila mencapai dua kulah,
tidak membawa kekotoran.

(Nasihat Ibnu Taimiyah kepada muridnya, Ibnul Qayyim)



***

Judul asli buku ini adalah Ikhwanul Muslimin: Deskripsi, Jawaban Tuduhan, dan Harapan oleh Syaikh Jasim Muhalhil. Ijab qabul eBook ini adalah peminjaman buku, sehingga ikhwah sekalian hanya bisa membaca buku ini, tapi tidak bisa merubah, copy-paste dan printing. PDF filenya telah diproteksi sedemikian rupa. Silahkan ikhwah sekalian membeli buku aslinya. Dan untuk sementara, silahkan akses eBook: Ikhwanul Muslimin: Deskripsi, Jawaban Tuduhan, dan Harapan. Besar filenya adalah sekitar 389 kbytes.

Sumber: http://www.pks-anz.org/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=53&mode=thread&order=0&thold=0

Ebook ini juga terlampir di postingan blogs ini (Judul: Ikhwanul Muslimin, Deskripsi, Jawaban Tuduhan, dan Harapan.pdf). Semoga bermanfaat

1 comment: