30 April 2010

Menikmati Iklim Tropis

Hari ini cuaca kota Balikpapan cerah sekali, terkesan panas bahkan. Tapi saya harus sebisa mungkin menikmati kondisi ini, karena bisa jadi, suatu saat nanti, saya harus tinggal/menetap di negara yang bukan beriklim tropis.

Seperti di London Inggris, yang beriklim maritim, iklim sedang dengan suhu yang tidak kurang dari 0 °C (32 °F) dengan kisaran antara 3° C to 5° C (37–41° F) di musin dingin dan tidak lebih dari 32 °C (90 °F) dengan kisaran 12° C to 16° C (54–61° F) di musim panas.

Atau di Doha Qatar, tempat tinggalnya DR Yusuf Qardhawi dan perusahaan Qatar Petroleum yang memiliki suhu yang teramat panas di musim panas (Mei - Oktober), suhu rata-rata di bulan Juni adalah 42° C (108° F), dan turun ke 15° C (59° F) di musim dingin.

Mungkin juga ke Nigeria, di mana padang savannah terbentang luas dari selatan ke utara, yang secara umum panas sepanjang tahun, dengan sedikit perbedaan antar musim. Meskipun tergolong zona tropis, terdapat perbedaan iklim yang besar antara berbagai wilayah. Dekat pantai, cuaca tidak dapat diduga, suhu jarang melebihi 32° C (90° F), tapi kelembabannya sangat tinggi dan panas di malam hari. Ada dua musim secara umum, musim hujan (April – Oktober) yang secara umum bersuhu rendah, dan musim kering (November – Maret) dengan suhu siang hari yang bisa melebihi 38° C (100° F) namun relatif dingin di malam hari, bisa turun sampai 12° C (54° F).

Maka dari itu, mari kita nikmati iklim tropis negeri ini, karena mungkin saja –dan sangat mungkin, suatu saat nanti, untuk bisa menikmati suasana cuaca yang kita rasa sekarang, saya perlu merogoh kocek yang lumayan dalam untuk bisa merasakan (kembali) iklim di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim musim (muson), iklim tropica (iklim panas), dan iklim laut ini.

Rasakan sensasi sinar matahari menghangatkan kulit dan udara segar berjalan di saluran pernafasan!

Bahan bacaan: http://en.wikipedia.orghttp://www.nationsencyclopedia.com; http://www.wordtravels.com; http://organisasi.org; http://www.tripadvisor.com/

9 comments:

  1. sip...eh katanya di Nigeria tu ada dua musim. :)

    ReplyDelete
  2. So geographic..
    Mensyukuri gerah nya hari ini..sambil membayangkan matahari 1jengkal d atas kepala ini..
    JFS kak..
    ^_^

    ReplyDelete
  3. yuhuuu...
    viva tropiiisss....
    kangen suasan dan lembapnya tropiis :(
    upin jahhhaaaadddd

    ReplyDelete
  4. @anamuslimun, iya, klo dr yg sy baca emang nigeria ada 2 musim kok
    @tarkhiena, wah, klo itu mah "nanti" :)
    @astyaep, gimana cuaca di daerahmu ty..?

    ReplyDelete
  5. muslim panas sama panaaaasss banget y?

    ReplyDelete
  6. upin..
    klo musim dingin yg biasa2 sajah, maksimal suhunya 1 drajat C
    klo pas puncaknya... suhu maksimal -5

    klo musim panas, pas sktrimnya... bisa sampe 40 C.. T_T

    yg gk enaknya tuuu.... kelembapan rendah (di indo tuh 90an persen) dsini mentok di 70, itu jg klo musim semi, klo musim dingin... satu digit bisa jadi tuh kelembapan :(

    ReplyDelete
  7. mas Ipin mau pindah ke LN ya,,,,hehee

    ReplyDelete