20 July 2010

Arah Kiblat

Beberapa waktu lalu sempat sedikit ramai tentang wacana perubahan arah kiblat yang difatwakan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Diktum dari fatwa MUI No. 03 Tahun 2010 tentang Kiblat menyatakan bahwa arah kiblat ke arah barat, namun kemudian direvisi menjadi ke arah barat laut. Bisa dilihat berita selengkapnya di: http://www.eramuslim.com/berita/nasional/mui-fatwa-arah-kiblat-mui-ternyata-keliru.htm

Dulu, saya pernah posting (copas dari Ustadz Ahmad Sarwat Lc,) tentang mengukur arah kiblat sendiri menggunakan Google Earth, bisa dilihat di: http://genkeis.multiply.com/journal/item/292

Disamping itu, ada juga cara lain yang lebih gampang, yaitu tinggal kunjungi aja situs http://www.qiblalocator.com/ tulis kota kita tinggal, lalu arahkan aja ke rumah kita, bisa lebih keliatan langsung garis yang mengarah ke Ka’bah.

Arah Kiblat dari rumah saya (Gn Sari Ulu, Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur) pakai Qibla Locator:


Atau kunjungi http://www.islamicfinder.org/, selain bisa download software Athan (versi yang gratis), kita juga bisa nge-cek arah kiblat kita disana.

Tinggal select Country -pilih Indonesia, lalu ketik/pilih aja kota tempat kita berdomisili (Kalo ngga ada pilihan kota di tabel, ketik kota domisilimu di kotak "Search another city")
. Kalau mau liat detail arah kiblat, cek "Qiblah Map"-nya setelah muncul tabel waktu shalat untuk daerah kita tinggal.

Qiblalocator maupun IslamicFinder menyediakan arah kiblat (posisi derajatnya dan juga jaraknya), jadi kalau mau ngetest sendiri pakai kompas, sepertinya bisa, tinggal dicari tahu aja berapa derajat posisi kiblat kita.

Selamat mencoba ;)

8 comments:

  1. oh ya, kalau pakai Qiblalocator, pake view "satellite" aja, biar makin jelas posisi jalan, bahkan rumah kita tinggal, tinggal di zoom aja seenak kita (simbol + di pojok kiri peta)

    ReplyDelete
  2. Tks infonya pin :)
    baru coba dr kantor, nti klo ada di tempat yg berbeda, mau coba juga.

    ReplyDelete
  3. loah mas arahnya kemana yah????

    btw thx for the information

    ReplyDelete
  4. waaw, Bisa nentuin langsung ga pake syak wasangka lagi. Thanks Bro !

    ReplyDelete
  5. @adamdesign, siantiek, herry, ichamary
    yups, sama2 ^_^
    @starburstbook
    ya mengarah ke kiblat lah :D

    ReplyDelete
  6. siiiip pak postingannya! wah org bpp ya, dlu sy tnggal d smrnda

    ReplyDelete