13 May 2008

Akhlak yang Mulia - Pujian

Rating:★★★★
Category:Other
Pujian Yang Dilarang:

Larangan memuji secara berlebihan dan dikhawatirkan dapat menimbulkan akibat buruk bagi yang dipuji


Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata:

Nabi saw. mendengar seorang memuji orang lain secara berlebih-lebihan, maka beliau bersabda: Sungguh kamu telah membinasakannya atau telah memotong punggung orang itu.

(Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 5321)


Pujian Yang Diperbolehkan:

Hadis riwayat Abu Bakrah ra., ia berkata:

Seorang lelaki memuji orang lain di hadapan Nabi saw. maka beliau bersabda: Celaka kamu! Kamu telah memenggal leher temanmu, kamu telah memenggal leher temanmu! Beliau mengucapkannya berulang-ulang. Apabila seorang di antara kamu terpaksa harus memuji temannya, hendaklah ia berkata: Aku mengetahui kebaikan si Fulan namun Allah lebih mengetahui keadaannya, dan aku tidak memberikan kesaksian kepada siapa pun yang aku ketahui di hadapan Allah karena Allah lebih mengetahui keadaannya yang sebenarnya

(Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 5319)

6 comments:

  1. TFS, pin
    yang aku ingat pujian itu penyembelihan...
    hmmm, jadi ingat temen yang seneng muji orang dengan kata2 khasnya: "hebat berbakat", gubraks :toe:

    Aku mengetahui kebaikan Ipin, tapi Allah lebih mengetahui :)

    %peace%

    ReplyDelete
  2. jarang muji...nyela sering :D

    ReplyDelete
  3. siiip lah... , pujian pantasnya buat lawan bukan teman, pujian buat seseorang mati potensi, stagnan karena diri sudah merasa diatas awan jadi alpa untuk memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  4. TFS juga, Pin. Memuji berlebihan mang dilarang yah. Tapi kalau ndak berlebihan ndak papa kan? Tuk motivasi anak murid. (ex: kamu mang anak ibu yang paling ganteng. Duh, kamu pinter banget deh. kalau buat kamu, boleh deh. Apa sih yang nggak buat kamu? ) ^_^

    ReplyDelete
  5. ocewh deh Pin..
    klo pujian dr pasangan bijimane.. itu lho yg kayak d lagu2 morantis...

    ReplyDelete
  6. Segala sesuatu yang berlebih emang gak baik y...

    Nah, kalo kasusnya kayak saya gini gimana dong ??? Karena dari dulu saya mengidap wajah yang manis, jadi secara diduga banyak orang yang pengen jadi volunteer buat muji saya.... (cuma ingin mengikuti dirimu dalam hal menyampaikan kebenaran ^_^)

    Langsung ambil kesimpulan sendiri aja deh ah berupa "terima nasib"... hehehehe

    ReplyDelete