23 May 2009

Sumber Kekuatan

"Maa syaa Allah, laa quwwata illaa billah (Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). (QS. Al-Kahfi: 39)

"Laa haula wa laa quwata illa billah" (Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)." (HR Bukhari-Muslim)


Jangan hanya mengandalkan kekuatan yang kau miliki, karena pada hakekatnya, kamu sebagai seorang manusia, tidak memiliki kekuatan sedikitpun juga.

Mintalah kepada Allah SWT, zat yang maha perkasa, pemilik kerajaan langit dan bumi, agar menjagamu, menunjukimu, mengarahkanmu, dan melimpahkanmu banyak kebaikan atas dirimu.


Godaan Syaitan

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan Maka berlindunglah kepada Allah* (QS. Al-A'raaf: 200)

Maksudnya: membaca A'udzubillahi minasy-syaithaanir-rajiim.

Syaitan selalu memiliki seribu satu cara untuk menggelincirkan manusia. Alih-alih susah payah melawan godaan mereka, minta perlindungan saja kepada Allah SWT.

Dikisahkan dari sebagian ulama salaf, ketika ia bertanya kepada muridnya mengenai apa yang akan ia lakukan jika digoda setan. Sang murid menjawab bahwa ia akan melawannya, demikian terus jawabannya kalau setan datang lagi menganggunya. Sang ulama memberikan perumpamaan, kalau kamu melewati sekumpulan domba dan anjing penjaganya mengonggong, apa yang akan kamu lakukan? Sang murid menjawab bahwa ia akan berhenti dan coba mengusir anjing tersebut. Akhirnya sang ulama memberitahu jawabannya, bahwa yang perlu ia lakukan, suatu cara yang mudah, hanyalah minta tolong kepada penggembala domba itu, agar memberikan jalan kepadanya.


Godaan Hawa Nafsu

maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu. (QS. Asy-Syams: 8-9)

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya). (QS. An-Naazi'aat: 40-41)

Dunia adalah arena pertarungan abadi antara dorongan kebaikan dan keburukan dalam diri kita. Satu sisi mengajak kepada keluhuran budi pekerti, sedang sisi yang lain selalu mendorong ke arah kerendahan sikap dan perilaku. Di satu sisi bisa melambungkan kita ke tingkat yang setara (atau bahkan mungkin lebih baik) dari malaikat, namun di sisi yang lain bahkan bisa menjeremuskan kita ke posisi yang bahkan lebih buruk daripada binatang ternak sekalipun.

Mintalah kepada Allah SWT limpahan hidayah, karena sesungguhnya barangsiapa yang telah ditunjukiNya, maka tidak akan ada yang dapat menyesatkannya, meskipun berkumpul seluruh jin dan manusia untuk menyesatkannnya.

Dan barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat menyesatkannya. (QS. Az-Zumar: 37)


Ya Rabbi, kami berlindung kepadamu dari godaan syaitan yang terkutuk, dan kami berlindung kepadamu dari keburukan amal perbuatan kami. (amin)



---000---

Samarinda, 23 Mei 2009
Syamsul Arifin

6 comments:

  1. aaaaaaaaaaaamiiiiiiiiiin
    thanx for sharing akhi, semoga sll dibawah naungan Yang Maha Kuasa :)

    ReplyDelete
  2. "Sang ulama memberikan perumpamaan, kalau kamu melewati sekumpulan domba dan anjing penjaganya mengonggong, apa yang akan kamu lakukan? Sang murid menjawab bahwa ia akan berhenti dan coba mengusir anjing tersebut. Akhirnya sang ulama memberitahu jawabannya, bahwa yang perlu ia lakukan, suatu cara yang mudah, hanyalah minta tolong kepada penggembala domba itu, agar memberikan jalan kepadanya."

    sebelum ane selesai baca jawaban dari sang murid, dlm hati ane menebak pasti jawabannya adalah dengan cara mengusirnya.dan pasti = jawaban sang ulama..dan ternyata berbeda.

    yaah begitulah manusia, terkadang terlalu mengandalkan kekuatannya sendiri,padahal kekuatan yg dipunya merupakan pemberian Zat Yang Maha Kuat. hingga akhirnya jk qt tak sanggup lagi tuk mengatasi sesuatu, yang ada hanya rasa kesal, marah, kecewa dan tidak terima. Kita lupa bahwa qt ini makhluk lemah..penuh dgn keterbatasan..tp bukan berarti qt jadi malas atau ga mau berusaha,,melainkan sertakan sllu do'a dlm tiap usaha qt dan akhiri dgn tawakkal padaNya...(btw, koq jadi kemana2 gini ngomongnya..mg masih nyambung..klo gak nyambung,tolong pin ambilin talinya...he3.piss ah)

    ReplyDelete