18 December 2010

Fake Facebook Email

Beberapa waktu lalu terima email di Yahoo mail bahwa ada pemberitahuan pesan belum terbaca dari Facebook, snapshotnya seperti berikut -klik untuk memperbesar:
Saya memang sudah males dengan email-email yang mencurigakan seperti ini, spam. Tapi memang cukup canggih juga si pengirim, karena alamatnya terkesan asli dari FB (update+vauksdaschwm@facebookmail.com).

Yang cukup unik, email Gmail saya juga dikirim pesan pemberitahuan seperti itu juga, padahal alamat email itu tidak dipergunakan untuk register di FB.

Tapi Gmail memang kuat perlindungannya, makanya dikategorikan spam sama Gmail, dan dikasih peringatan "Warning: This message may not be from whom it claims to be. Beware of following any links in it or of providing the sender with any personal information."
Di Yahoo juga sempet dapat Spam kudu buka lampiran/attachment yang berisi password FB karena FB saya diduga mengirimkan spam sehingga di-reset *semacam itulah. Tapi ngga saya acuhkan, wong saya masih bisa berselanjar aman-aman aja kok di FB.
Sedikit ubek-ubek fasilitas Help FB, ketemua topik terkait Email Palsu ini.
Emails from Facebook: http://www.facebook.com/help/?page=984
Spoofed Emails: http://www.facebook.com/help/?page=1187

Sedikit kutip:

Fake Notification Emails
Spammers and scammers sometimes send phony emails that have been made to look like they’re from Facebook or another reputable website. These emails can be very convincing, and the "From:" field can even be spoofed to include "Facebook" or "The Facebook Team." If an email looks strange, don’t click on any of the links in it, and delete it from your inbox immediately. Be especially wary of emails that ask you to update your account, tell you to open an attachment, or warn you to take some other urgent action.

Jadi, peringatan buat kita semua, kalau dapat email yang mencurigakan, dengan ciri-ciri berikut:
1. Kudu membuka lampiran (yang isinya bisa saja berupa virus, trojan, dll)
2. Diminta untuk nge-klik link atau tautan tertentu
3. Disuruh ngirimin password dan informasi pribadi

Hati-hati, karena email-email seperti itu kemungkinan besar berupa spam alias boongan atau penipuan.

Yang harus dilakukan, kalau emang yakin itu email spam, di kasih tanda "spam" ajah, di Yahoo biasanya ada tombol Spam, atau langsung di-delete ajah, daripada membahayakan komputer/laptop atau akun kita.

5 comments:

  1. wah jfs pak... saya juga dapet... huhu untung kagak diikutin

    ReplyDelete
  2. TFS yah..

    kalo aku sih notifikasi imel dari fb udah off. jadi kalo ada imel yang nyelonong yang seolah-olah dari fb, udah hampir bisa dipastikan itu notifikasi fb palsu :)

    ReplyDelete
  3. @cinderellazty, good2x ^_^
    @mbaktyas, sama2, iya, sama, saya juga udah di-off-in, kepenuhan klo dibiarin masuk :D
    boleh2x, silakan ;)

    ReplyDelete
  4. I did. di Gmail juga begitu, tpai ya itu.. Thanks to Gmail karema hebat protectionnya, langsung masuk spam :D

    ReplyDelete