08 June 2008

Mujahadah Cinta

Oleh: Syamsul Arifin

 

Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus rodhiallohu ‘anhu, Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sesungguhnya Alloh mewajibkan (kalian) berbuat baik terhadap segala sesuatu, maka bila kalian hendak membunuh orang (dalam peperangan ataupun yang lainnya), bunuhlah dengan cara yang baik, dan bila kamu menyembelih (binatang), maka sembelihlah dengan cara yang baik, hendaklah kalian menajamkan pisau dan memperlakukan hewan sembelihan dengan lembut.” (HR Muslim)

 

Seorang muslim diharuskan bersungguh-sungguh dalam berusaha di setiap aspek kehidupannya. Dalam urusan menyembelih binatang saja, kita telah diajarkan agar menyembelih dengan tata-cara yang terbaik (sikap paling profesional dan optimal), apalagi untuk urusan-urusan yang lebih besar daripada itu.

 

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang mukmin yang lemah, dan masing-masing mempunyai kebaikan. Gemarlah kepada hal-hal yang berguna bagimu. Mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah menjadi lemah. Jika engkau ditimpa sesuatu, jangan berkata: Seandainya aku berbuat begini, maka akan begini dan begitu. Tetapi katakanlah: Allah telah mentakdirkan dan terserah Allah dengan apa yang Dia perbuat. Sebab kata-kata seandainya membuat pekerjaan setan." (Riwayat Muslim)

 

Berusahalah terus hingga tiba ketetapan akhir dari Allah. Setelah dengan gigih, tekun, bersemangat dan optimis dalam berusaha, barulah kita bersyukur atas segala hasil yang kita dapatkan.

 

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

 

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-'Ankabuut: 69)

 

Kita memang layak tuk mendapat setiap hasil usaha/jerih payah sebanding dengan setiap apa yang telah kita lakukan. Dan Allah pastinya akan membantu dan memudahkan usaha kita, kalau memang usaha tersebut berada dalam bingkai tuk menggapai keridhoanNya.

 

Namun ingat, bahwa terkadang ada hasil yang tidak seperti pengharapan kita. Tetaplah bersikap positif. Karena bisa jadi, itulah yang hasil yang paling terbaik untuk kita.

 

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 216)

 

Insya Allah, setiap tetes keringat dan usaha yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia dihadapanNya. Semua itu pasti akan diganjar dengan kebaikan yang jauh lebih baik dari apa yang telah kita perbuat.

 

Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. (QS. Al-Zalzalah: 7)

 

Sungguh, Allah maha halus lagi maha lembut, Ia maha mengetahui lagi maha bijaksana. Dan ditanganNya lah terletak segala kebaikan.

 

Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS: At-Taubah: 105)

 

Semoga Allah menuntut kita agar bisa terus bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam beramal, dan memberikan kita ganjaran serta kemenangan yang besar di dunia maupun akhirat kelak (amin).

 

 

---

08062008

*mujahadah = bersungguh-sungguh

*tulisan ini tadinya mau didedikasikan untuk para pejuang cinta :D namun setelah ditimbang-timbang, sepertinya akan sangat rendah sekali artinya kalau cuma membahas itu saja :D jadi untuk sementara dibuat seperti ini dulu %peace% semoga bermanfaat ^_^

2 comments:

  1. sepakat banget pin...

    hidup ini ga cuma ngurusin cinta2an doang...

    ReplyDelete
  2. Amiin...

    Syukron pak ustadz buat postingan yang padat ilmu ini...

    ReplyDelete