26 July 2009

Mintalah kepada Allah

Ketika terhimpit kondisi yang sulit, beberapa orang yang tidak sabaran (dan memiliki iman yang lemah) memilih jalan yang rumit. Dukun, paranormal menjadi konsultan, praktik-praktik ke-syirik-an dilakukan, meminta kepada selain Allah SWT.

Tidakkah mereka mengetahui bahwa semua hal selain Allah SWT pada hakikatnya adalah lemah dan tidak berdaya. La hawla wa la quwwata illa billah (tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

Apakah ketika mereka meminta kepada selain Allah, dan melakukan perbuatan syirik semacam memberikan sajian kepada sesembahan, maka do’a mereka akan dikabulkan, urusan mereka akan dipermudah? Tidak, sekali-kali tidak, hanya ada tipuan setan yang bermain disana.

Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatu pun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadah) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka. (QS. Ar-Ra'd: 14)

Hal yang sama pun pernah diungkapkan oleh Nabi Ibrahim AS, kata beliau kepada para penyembah berhala,

Dan bacakanlah kepada mereka kisah Ibrahim. Ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Apakah yang kamu sembah?" Mereka menjawab: "Kami menyembah berhala-berhala dan kami senantiasa tekun menyembahnya". Berkata Ibrahim: "Apakah berhala-berhala itu mendengar (doa) mu sewaktu kamu berdoa (kepadanya)?, atau (dapatkah) mereka memberi manfaat kepadamu atau memberi mudarat?" (QS. Asy-Syuaraa': 69-73)

Syirik adalah perbuatan yang tergolong ke dalam dosa besar.

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar". (QS. Luqman: 13)

Aku bertanya kepada Rasulullah saw: Dosa apakah yang paling besar menurut Allah? Rasulullah saw. bersabda: Engkau membuat sekutu bagi Allah, padahal Dialah yang menciptakanmu. Aku berkata: Sungguh, dosa demikian memang besar. Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: Engkau membunuh anakmu karena takut miskin. Aku tanya lagi: Kemudian apa? Rasulullah saw. menjawab: Engkau berzina dengan istri tetanggamu. (HR Bukhari-Muslim)


Dosa yang paling besar adalah syirik (menyekutukan Allah), dan salah satu contoh syirik besar yaitu mengarahkan ibadah untuk selain Allah SWT seperti doa.

Allah SWT adalah Tuhan semesta alam, maha mengetahui, maha berkuasa atas segala sesuatu, penguasa langit dan bumi

Apakah menurutmu, Allah SWT tidak mengetahui semua kesulitanmu?
Apakah menurutmu, Allah SWT lalai dari memperhatikan hamba-hambaNya?
Apakah menurutmu, Allah SWT tidak mendengar bisikan hatimu? Tidak melihat tetesan air matamu?

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz). (QS. Al-An'aam: 59)

Doa adalah senjatanya seorang muslim

Putus asa bukanlah sebuah pilihan dalam kehidupan seorang yang beriman.

Yakub menjawab: "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya." Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (QS. Yusuf: 86-87)

Berkata Ibrahim: "Apakah kamu memberi kabar gembira kepadaku padahal usiaku telah lanjut, maka dengan cara bagaimanakah (terlaksananya) berita gembira yang kamu kabarkan ini?" Mereka menjawab: "Kami menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan benar, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa". Ibrahim berkata: "Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat". (QS. Al-Hijr: 54-56)

Teruslah berusaha, pantang putus asa/menyerah/melemah, tetaplah optimis, dan iringi dengan doa,

Do'a adalah senjata seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya'la)

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina". (QS. Al-Mu'min: 60)

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya). (QS. An-Naml: 62)


Ketika kesulitan begitu sesak menghimpit dada, ketika jalan keluar bagaikan suatu hal yang mustahil; maka kuatkanlah kesabaranmu (bersabar dalam artian terus berusaha dan menjaga diri dari melakukan perbuatan yang dilarang); dan yakinlah, bahwa Tuhanmu, Allah SWT, adalah zat yang maha perkasa. Selalu libatkan Allah dalam kehidupan kita, dalam kesulitan, dan dalam kesyukuran, ketika kesukaran telah berganti kebahagiaan. Insya Allah.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al-Insyiraah: 5-6)

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (QS. Ath-Thalaaq: 4)



---000---

Samarinda, 26 Juli 2009
Syamsul Arifin

8 comments:

  1. heheh...agak kesepet, niy...kadang2 saya masih suka baca ramalan bintang...thanks for remining me...

    ReplyDelete
  2. Doa. itu senjata orang mukmin ya Mas, Tfs..

    ReplyDelete
  3. ..HANYA ﺍﷲ
    tuk semua hal

    ReplyDelete
  4. @azurival
    setuju yang bagian mana.?

    @isyanasrg
    hayuuuh, mulai sekarang, jangan suka baca ramalan bintang lagi ya.. ^_^

    @sunnyndra
    yups, iringi usaha dengan doa :)

    @edwea
    hanya Allah..?

    ReplyDelete
  5. heheheh...okeh, mas ipin.....

    ReplyDelete
  6. Makasi brader ipin, udh di ingetin...., suka ada berhala2 tersamar dalam keseharian ku...he he he...

    ReplyDelete
  7. إلهي أنت مقصودي و رضاك مطلوبي

    visit my mp :p http://contohundangan.multiply.com/

    ReplyDelete