01 December 2008

[cerpen] Jerawat Cinta

“Ih mas Roni ada jerawatnya.., hayuh lagi jatuh cinta sama siapa tuh..?”, Nanda, adik perempuan Roni yang berusia 18 tahun menggoda dirinya yang sedang mematut diri di depan cermin besar berukuran setengah badan di kamar pribadinya yang bercat biru laut, pintu kamarnya setengah terbuka ketika Nanda melewati depan kamarnya, Nanda terkekeh-kekeh menahan tawanya.

 

“Makanya kalo suka sama orang, kasih tau aja, jangan dipendam sendiri, munculnya jadi jerawat deh”, dia melanjutkan.

 

Sang kakak tatap cuek, masih sibuk meneliti benjolan kecil berwarna merah di wajahnya, raut mukanya tampak serius, didekatkan sedekat mungkin wajahnya dengan cermin. Tangannya sedikit menekan-nekan benjolan tersebut.

 

Kalo yang jatuh cinta sama mas mah pasti banyak, tapi kalo mas yang jatuh cinta sama orang, kayaknya ngga deh”, dia menyahut cuek, masih asyik memerhatikan jerawatnya di pipi kanannya, jari telunjuk kirinya mencoba menghapusnya, menggerak-gerakkannya di atas benjolan kecil itu.

 

“Huuuu, dasar narsis”, Nanda bersorak sambil kakinya melangkah memasuki kamar kakaknya yang berukuran 3 x 3 meter tersebut, usia mereka berpaut tiga tahun.

 

Saat ini, Roni sedang kuliah di Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi, sudah tingkat tiga.

 

Nanda duduk di tempat tidur kakaknya, tangannya mengambil majalah bola langganan kakaknya, membolak-balik dengan singkat beberapa lembar. Kasur dengan alas seprai berwarna merah dengan logo Forza Milan terlihat empuk dan lembut.

 

Roni duduk di sisi adik satu-satunya itu, mereka hanya tinggal berempat bersama ayah-ibunya. Ditatapnya wajah sang adiknya yang berkulit putih, kontras dengan kulitnya yang berwarna kecoklatan karena terbakar matahari akibat terlalu sering bermain bola.

 

“Kenapa Nda? Kayaknya ada yang kamu pikirin?”, Roni membuyarkan perhatian adiknya pada foto striker tampan Manchaster United, Christiano Ronaldo. Ditutup majalah bola yang memang tidak serius diperhatikannya.

 

Mereka memang saling dekat satu sama lain, sering curhat dan berbagi, bukan hanya dengan kakaknya, dengan orangtua pun mereka terbiasa saling bercerita, namun mengenai beberapa hal, sepertinya Nanda hanya terbuka kepada kakak satu-satunya itu.

 

Ada yang nembak Nanda di sekolah”

 

“Owh, sakit dunk ditembak”, sang kakak sedikit tertawa. Gantian membalas tawa adiknya tadi.

 

Yeee, serius nih mas”, raut wajahnya berubah cemberut.

 

“Iya-iya, maaf, lanjutin gimana ceritanya”, Roni membetulkan posisi duduknya, bersiap mendengarkan dengan seksama, badannya mengarah sempurna pada adiknya.

 

“Kemarin waktu mau ke kantin, si Yudi nembak Nanda, dia bilang cinta sama Nanda dan tanya mau jadi pacarnya atau ngga”, wajahnya agak sedikit tertunduk.

 

Trus, kamu bilang apa?”

 

“Ya.., bingung, diem aja, tetap berlalu deh. Tapi dia tadi SMS, tanyain lagi, gimana jawabannya nih mas”, ia tampak gundah.

 

“Hmmmm”, sang kakak bergumam.

 

“Gimana nih mas, terima atau ngga? Teman-teman sudah pada punya pacar semua, apalagi sebentar lagi mau ada malam prom-night, malam pesta perpisahan kelulusan kelas tiga, yang kebanyakan udah pada cari-cari pasangan semua buat acara malam itu, sekalian biar ada kenangannya gituh

 

“Hmmmm”, sang kakak kembali bergumam.

 

“Yah, mas ini, dari tadi dah cerita panjang kali lebar sama dengan luas, malah cuma ham-hem-ham-hem aja komentarnya”

 

“Hehehe, adikku yang cantik, sabar dulu ya, kan dipikir dulu komentarnya apa”, Roni tersenyum.

 

Si Wati aja dah punya pacar, temannya si Yudi juga mas, baru seminggu kemarin mereka jadian. Sepertinya seru kalau punya pacar, bisa ada yang anterin kalau kemana-kemana, jalan bareng, makan bareng, nonton bareng, dan serasa ada bodyguard-nya”

 

Senyum si Roni makin lebar.

 

“Ok deh, kita sama-sama diskusiin dulu ya. Mengenai makna pacaran. Memang apa sih tujuan pacaran?”, dia mulai membuka pertanyaan. Dia memang terbiasa mengarahkan diskusi kelompok di kampus.

 

“Hmmm, buat saling penjajakan, perkenalan”, Nanda menjawab lambat.

 

Trus apa lagi?”, dia terus memancing jawaban.

 

“Biar bisa saling berbagi cinta?”, jawabnya terdengar ragu.

 

“OK, sekarang kita list juga positif-negatinya pacaran. Tadikan kamu kan sudah menyebutin tuh apa aja enaknya pacaran, sekarang kita coba buat daftar negatifnya pacaran”, sang kakak menyeringai, “ada ngga sih sisi ngga enaknya pacaran? Atau pacaran itu isinya enak semua..?”, sang kakak mengangkat alis matanya.

 

“Sepertinya sih ngga ada negatifnya deh mas”

 

“Yakin..?”, tantang Roni, “coba pikir pelan-pelan dulu”

 

“Oh iya, si Wati jadi terlalu dikekang, kemana-mana ditanyain, kayaknya cowo-nya terlalu posesif sih, mesti ngasih kabar kalo mau kemana-mana, udah kayak dicemburuin gituh deh

 

Roni tersenyum senang.

 

Ada lagi yang lainnya, kalo ada makan-makan bareng, nonton bareng, jalan bareng, berarti ada pengeluaran uang lebih yang harus dipersiapkan, juga kalau mau kemana-mana mesti bareng, trus jadi tambah beban pikiran dan perasaan juga deh

 

Nanda mengatupkan kedua bibirnya, masih sedikit rasa setujunya.

 

“Kalau memang buat saling kenalan, apa iya mesti lewat pacaran, lewat pertemanan biasa kan tetap bisa toh? Buat penjajakan, penjajakan buat apa? Buat nikah? Masih jauh kalih kalau buat seumuran kamu bicara pernikahan, bisa-bisa bosen pas pacaran, dan ujung-ujungnya pun ngga sampe nikah”, Roni mulai menjelaskan.

 

“Tentang saling berbagi cinta, cinta macam apa? Sepertinya sih itu mah enaknya cowo aja yang akhirnya bisa manfaatin kaum mu tuh, para wanita, toh yang sering menjadi korban juga perempuan, yang disentuh-sentuh, bahkan ngga jarang dengan alasan cinta dan kasih sayang, sampai akhirnya merelakan keperawanan dan hamil, trus ditinggal lagi, kasihan. Cinta yang jelas mah cinta dari mama, cinta dari papa, dan cinta dari kakakmu yang ganteng ini”, anggukan-anggukan Nanda tiba-tiba terhenti. Weks.

 

Roni tertawa lepas, sang adik tertawa kesal.

 

Mendingan jangan pacaran dulu deh, apalagi kamu sedang mau Ujian Nasional, dan sebentar lagi juga mau ikutan SPMB, katanya mau masuk psikologi juga, kudu bagus nilainya, nanti kalo gara-gara pacaran fokus belajarnya jadi hilang, malah nyesel lho nanti”, dia menepuk bahu adiknya.

 

“Iya mas, Nanda juga sebetulnya ngga mau nerima dia kok”, dia tersenyum, “tapi masa lucu deh, masa dia bilang kalo dia jerawatan karena udah lama nyimpan cintanya ke Nanda”

 

“Wew, itu mah rayuan yang ngga banget”, mereka berdua tertawa, “jerawat karena memendam cinta. hahahaha”

 

 

* * *

 

Keesokan pagi harinya.

 

“Kak”, Nanda tertawa ringan, “ternyata jerawat yang Yudi bilang akibat dari cintanya yang dipendam, memang rayuan murahan aja, tadi malam kan Nanda telpon-an free talk sama di Wati, dan katanya si Yudi itu jerawatan juga karena memang jarang bersihin muka, wong dia aja naik motor ngga pake helm full-face”, sapa nanda di pagi hari ketika sama-sama menuruni tangga untuk sarapan.

 

Kakaknya, Roni hanya bisa tersenyum mesem.

 

“Duh, bisa juga sih, jerawat karena cinta, ternyata tadi malam, saya memimpikan Nissa, teman sekelas yang memang telah lama saya suka”, batin Roni bimbang, “mungkin itu penyebab jerawatnya?”

 

“Oh jerawat, apakah engkau memang terbentuk karena cinta yang terpendam?”

 

 

---000---

 

Samarinda, 8 Oktober 2008

Syamsul Arifin

*Lomba Cerpen Remaja Rotho*

6 comments:

  1. ah akyu juga lg jerawat niih, jerawat bulanan :D

    ReplyDelete
  2. kal0 aku jerawatan kal0 kebanyakan makan
    lemaknya lari ke muka
    alias jadi jerawat
    nice cerpen
    keep 0n writing!

    ReplyDelete
  3. klo kebanyakan mkn kacang jd keluar jerawat..
    klo kebanyakan keluar jerawat jd kacangan..
    hua..ha..ha..
    nice story...

    ReplyDelete
  4. cinta yang terpendam bikin jerawat?
    waduh,

    ReplyDelete
  5. @mba siantiek
    wehehe, untuk saya ngga dapat jerawat bulanan :D weks :D

    @rizkisweetycutie, analestari & adee
    hehehe, makasih atas apresiasinya ^_^
    *tapi merasa ada yang kurang n mengganjal euy :D

    ReplyDelete
  6. Wjar jerawat,kan hormonnya aja yg lg ga stabil.Yg pntg mah PD wae lah..semgt n postf thngkng.Peace..

    ReplyDelete