07 September 2008

[Bapak] Sekilas Tentang Bapakku :)

*tulisan untuk ngikutin hajatannya BundaElly*

Beliau adalah seorang pria, (ya iyalah, masa wanita :P) seorang PNS, guru sebuah sekolah dasar di Jakarta, ustadz, ketua Dewan Kesejahteraan Masjid Nurul Mubin, (mantan) ketua madrasah Miftahul Ulum, dan ayah yang luar biasa bagi kami, anak-anaknya.

  1. Ustadz-ku

Alhamdulillah, saya dikaruniai Bapak yang mengerti agama. Salah satu kisah unik, kenapa akhirnya kakek (dari ibuku) mau menikahkan anaknya (ibuku yang cantik jelita :D ) dengan bapak adalah karena kakek sering liat bapak rajin shalat ^_^

Dan memang dulu bapak juga guru ngaji ibu di madrasah masjid sewaktu di kampung, Kambangan, Tegal, Jawa Tengah (wong ngapak nih :ehm: ) dulu.

Biasalah namanya orang tua zaman dulu, dijodoh-jodohin, dan ibuku dijodohin dengan bapak, maharnya lumayan lho, waktu saya liat di buku nikah, Cuma Rp. 500,- (lima ratus perak euy) :D tapi mungkin di zaman itu, uang seharga itu masih sangat berharga kali ya ^_^

Dan sebagaimana pendidikan terbaik itu sangat kuat berada di tangan pertama, yaitu para orang tua. Saya masih bisa inget dulu, waktu masih kecil, waktu masih badung-badungnya nih :D (ngaku ginih :P tapi sekarang dah ngga badung lagi kok :) ß mode pembelaan diri: ON %peace% ), tetap di paksa ngaji walaupun ngga mau. Jadi meski nangis-nangis, ya tetap ngaji. Wajib kudu bin harus. Bisa kebayang ngga sih, ngaji Quran sambil nangis ^_^

Tentang shalat juga gituh, dari dulu emang hobi malas shalat (lho, malas shalat kok jadi hobi yaw :P ), suka mengakhir-akhirkan shalat gitu, sampai mentok batas waktunya :hihi: dan memang terus dipaksa sama bapak untuk shalat, meski malas, dan tetap aja walau udah selesai shalat, tetap dimarahin. Lho kok bisa..? ya iyalah, karena shalatnya super kilat ^_^ the flash banget lah :D ß tapi ini dulu lho ya, waktu masih muda ^_^

Tapi ya ada bagusnya juga, saya jadi bisa ngaji, dan bisa shalat, juga terbiasa untuk ngga meninggalkan waktu shalat begitu aja, terasa ada yang hilang gituh klo ngga shalat.

  1. Guru-ku

Bapakku juga seorang guru SD. Dan hebatnya, kami menjadi murid pertama-tamanya di rumah. Anehnya, sama orang lain, bapak ngga galak, tapi klo sama anak-anak sendiri, wuih, galaknya euy. Kami dulu punya papan tulis kecil buat belajar baca dan nulis, terkadang bapak pulang dari ngajar dengan membawa kapur tulis supaya bisa dipake ngajar dirumah. Dan kerennya, disaat anak-anak murid yang lain kesulitan baca-tulis, kami semua (saya dan kakak saya), jadi udah bisa baca-tulis sebelum masuk SD, tanpa masuk TK terlebih dahulu lho ya ( :ehm: mode sombong: ON %peace% ). Bahkan seingat saya, ngga ada diantara kami bersaudara yang merasakan gimana Taman Kanak-Kanak.

  1. Teladan-ku

Kami pernah di ceritakan mengenai bagaimana perjuangan bapak waktu dulu sekolah di kampung. Ketika sekolah merupakan sebuah hal yang aneh dan tidak umum. Bagaimana bapak meski jalan berkilo-kilo meter jauhnya, tanpa bekal, walau terkadang ngambil telor ayam tuk ditukarnya sebagai bekal makan siang di sekolah, dan bagaimana beliau berjuang tuk bisa menyelesaikan pendidikan guru agamanya.

Memotivasi kami, sehingga tidak terlalu menyia-nyiakan pendidikan. Bersyukur kalau kami memiliki orangtua yang mendukung pendidikan, karena pengertiannya. Karena dari saudara-saudara bapak, hampir sulit kutemukan sepupu yang mengenyam pendidikan tinggi.

Trus juga bagaimana perjuangan beliau sewaktu merintis kehidupan di Jakarta, tinggal di rumah petak sempit (kamar sempit dan pengap), terkadang makan hanya dua kali sehari, harus berhutang ke warung, ngajar les, bahkan pernah menjadi tukang becak tuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Cerita yang mengharu biru. Kalau bapak dan mama sudah cerita, wah menetes deh sedikit air mata mereka. Dan kami sebagai anak-anaknya hanya bisa meledek (lho, jahat banget ya :D )

Tapi Alhamdulillah sekarang keadaan dah lebih nyaman, meskipun ngga bisa dibilang kaya melimpah. Bersyukur ada perubahan.

Beliau yang sudah mengalami pahit-getir, asam-manis kehidupan, tentu menjadi sebuah bukti nyata ketegaran menghadapi hidup, keyakinan terhadap janji-janji-Nya. Disana saya bisa belajar banyak.

  1. Motivator-ku

Ketika beranjak dewasa, bapak cukup moderat. Beliau mendukung hampir setiap langkah yang kuambil. Dalam pilihan-pilihan hidup, ketika memutuskan tuk berpindah-pindah pekerjaan, tentang pilihan pasangan hidup, dan ketika aku masuk kuliah di Universitas Indonesia, beliau mendukung, meski dengan keterbatasan.

Hidup ini kamu yang menjalani sendiri, kami orang tua hanya bisa mendukung, kalau bahagia kami juga bahagia, begitu mungkin kira-kira perkataan beliau. Menjadikanku lebih bertanggung jawab dalam pilihan-pilihan hidupku.

  1. Cinta-ku

 

Pastinya beliau bukan orang yang romantis. Bahkan sampai besar seperti ini, hampir tidak ku ingat, beliau pernah bilang cinta atau sayang kepada anak-anaknya. Tapi aku yakin sekali, bahwa beliau sangat mencintaiku dan saudara-saudariku. Cinta yang ditunjukkan lewat perbuatan, lewat perhatian, lewat tiap tetesan keringat yang mengalir dari pori-pori beliau tuk merawat dan menjaga kami semua.

Ketika aku sakit, beliau menggendongku sampai ke puskesmas, menjagaku di Rumah Sakit ketika dulu pernah di operasi usus buntu sewaktu aku masih kecil. Semua pasti diusahakan dan diberikan jika untuk kebaikan anak-anaknya.

Cinta yang telah terbukti nyata meski tidak lewat kata-kata.

Dan aku yakin, bahwa aku tidak akan pernah sanggup membalas cinta beliau dan cinta ibuku, meski dengan apapun juga. Bahkan kacawnya, ketika aku sudah besar dan dewasa, mungkin aku akan meninggalkan mereka begitu saja, dan sibuk dengan keluarga yang akan ku bina. Semoga saja tidak. Naudzubillah. T_T

Rabbigfirli waliwali dayya warhamhuma kama rabbayani shaghira.

Ya Rabbi, ampunilah dosa-dosa kedua orangtuaku, berkahilah mereka, cintailah mereka sebagaimana mereka mencintaiku…. (amin)

Samarinda, 7 September 2008

Syamsul Arifin

*ketika jauh dari keluarga*ditulis dengan iringan airmata*

23 comments:

  1. soo sweet...:mewe:

    eh, lucu baca cara penulisannya, banyak acara backsound nya gituh..:hihi: (^_^)V

    ReplyDelete
  2. Ya Allah...akhi, blog ini..*ikut berderai air mata*
    Papa...huhuhuhu TT_TT
    Ya Allah bahagiakanlah papa di sisimu, karuniakan nikmat kubur atasnya, ampuni dosanya, lipat gandakan pahala amalnya di dunia, dan jadikankanlah kuburnya sebagai taman dari taman surgamu..
    Amin Allahumma amin..

    ReplyDelete
  3. Ustadzku, guruku, teladanku, motivatorku, cintaku......peran yang luar biasa.
    Dulu saya sering menggoda bapak dengan panggilan si ganteng he2 padahal sudah termakan usia....tapi beliau senang ga banyak komentar.
    Rinduuuuuu sekali dengan senyumannya T_T....semoga Allah mengijinkan kami berkumpul di Jannah-Nya...
    Jangan pernah malu menyatakan cinta pada ayah ketika beliau masih ada...

    ReplyDelete
  4. ipin ayahmu baik ya?

    subhanallah

    :) jadi inget ayahku jg

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah.. masih ada anak y bs mbanggakan bapaknya..

    ReplyDelete
  6. subhanallah... alhamdulillah... bersyukurlah karena masih ada irisan cerita antara dirimu dengan beliau... gak kayak saya gitu... hehehe... apa yang bisa diingat dari seorang bayi umur 6 bulan.... selain... selain apa ya ??? gak tau deh... gak inget sama sekali... tahu wajahnya aja dari poto, boro2 disuruh mengingat cerita yang beririsan dengan babeh... (lagian siapa yang nyuruh ya... ;D)

    ReplyDelete
  7. hiks sedih ingat perjuangan Ayah.. akan selalu ada haru dan airmata akan segala cinta dan kasih sayang tulus mereka..
    Ya Allah semoga Engkau selalu memberikan mereka yang terbaik dalam hidup nya.. Amin.

    Tfs..

    ReplyDelete
  8. Amin ya rabbal'alamin...


    *ishbir dek...

    ReplyDelete
  9. sama nih ceritanya kayak ayahku,

    dulu, jaman dulu, kata ayah, "kalau mau sekolah tuh.. jauuuuuhh kali dari rumah. bisa sampe belasan kilo. kalian ini udah enakan, tinggal disuruh belajar aja susah!!"
    aq jawab, "yaiyalah yah, jaman dulu kan belum ada angkot.. xixixiixi."

    ReplyDelete
  10. makasih ya Mbak..
    Isbir juga.. InsyaAllah kelak mbak dan Bapak akan dipertemukan-Nya ditempat terindah :) *Hugs*

    ReplyDelete
  11. Huhuhu... Jadi terharu... Fathers are amongst the most wonderful men in the world, rite?? Cinta ayah dan Ibu memang tak pernah ada padanannya.. Semoga ayah nya selalu dilindungi Alloh SWT ,dikaruniai kebahagiaan dan kesehatan... Amiin..

    ReplyDelete
  12. @obi
    iya, biar seruw :D

    @galerinyaalia
    amiiin :)

    @asty
    :)
    maklum, dulu kan masih bandel, tapi sekarang dah ngga terlalu bandel lagi kok ty :D

    @nerspuri
    amiiin buat doanya ^_^ tapi saya masih malu juga ya ngucapin cinta :D cowo yang gengsian banget nih :D

    @meura
    ya, seperti itulah, tapi dulu beliau galak lho :D

    @sweetdhe
    kalau ayahmu gimana..?

    @lussy
    hmmmm, wah, kalau begitu, cuma bisa kirim doa doang ya, meski ngga bisa mengingat kenangan bersama dia :)

    @naila
    amin buat doanya :)

    @bunda elly
    sekarang saya di samarinda, dan ortu di jakarta :)

    @nisa
    wew, jawaban yang cerdas :P

    @amiutami
    amiiin :)

    @happyaisyah
    sama dunk ^_^

    ReplyDelete
  13. gk terlalu bandel kn bukan brarti gk bandel.. :D

    ReplyDelete

  14. Touchy, Great Description Pin.

    Berbaktilah sama Papa and Mama,
    selagi masiH bisa,
    selagi Masih banyak kesempatan

    *si Ipin dah Nangis Bombay rupanya waktu menulis inih :D

    ReplyDelete
  15. Be a good son then, Lucky u to have him...

    ReplyDelete
  16. rabbighfirlanaa waliwaalidainaa warhamhumaa kamaa rabbayaanaa shoghiraa.... amin...Amin....

    Doa kita smua untuk kedua orangtua kita. InsyaAlloh Alloh kan slalu menjaga mereka, Alhamdulillah kalo kita masih bisa melihat senyumnya, mencium tangan keduanya, membuatkan masakan untuknya.dan untuk yang sudah ditinggalkan percayalah Alloh slalu menjaga mereka berdua.amin...^_^

    ReplyDelete
  17. what an inspiring true story, bro... Ipin... aku juga nangis neh, soalnya kisah ayahmu ini mengingatkanku pada sosok ayahku :) Mungkin hampir sama dengan bro Ipin, Ayahku dulu sebelum menikah dengan Ibuku, beliau guru ngaji di kampung, terus mereka dijodohkan karena keluarga Ibuku tahu bahwa Ayahku ketika masih muda, rajin beribadah dan pengetahuan agamanya bagus (maklum, beliau dulu mengenyam pendidikan pesantren di Madura dan Jember) ^_^. Dan dulu ketika Ayahku masih kecil, selain nyantri juga sudah mencari nafkah dengan berdagang. Perjuangan beliau keras sekali waktu itu..

    Duuuh kok jadi curhat gini :D

    Thanks bro reminding..
    mudah2an kita selalu masih ingat Ayah kita dimanapun kita berada
    do'a selalu terucap untuk beliau :)

    I love u, bapak ^_^

    ReplyDelete
  18. Subhanallah....hiks....hiks....menambah kerinduan sy pada ayah dan ibu di kampung.Ayah...ibu...putri kesayanganmu ini akan sgr bersimpuh di hadapanmu...

    I lov u coz Allah....umi & abi

    ReplyDelete