30 September 2007

Alat Perlindungan Pernafasan

        Apakah anda berniat membeli alat pernafasan untuk keperluan pribadi? Apakah anda mengetahui alat perlindungan pernafasan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda? Apakah anda mengetahui keterbatasan dan peringatan yang harus diperhatikan saat membeli alat perlindungan pernafasan?

Jika tersedia dan digunakan secara benar, alat pernafasan bisa secara selektif melindungi paparan yang kita terima. Di tempat kerja, alat perlindungan pernafasan sudah digunakan selama bertahun-tahun. Perusahaan memiliki program untuk memastikan bahwa masker yang dipilih benar dan sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Untuk itu, diperlukan informasi yang cukup bagi kita agar tidak timbul masalah yang tidak kita inginkan dan terhindar dari rasa aman yang semu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan respon keadaan darurat. Alat perlindungan pernafasan hanyalah bagian kecil dari rencana tersebut.

Perlindungan alat pernafasan hanya efektif jika:

  • Digunakan alat perlindungan pernafasan yang sesuai

  • Tersedia saat kita membutuhkannya

  • Mengetahui kapan dan bagaimana cara penggunaan

  • Menyimpannya dalam keadaan siap beroperasi sesuai dengan panduan manufaktur

Tiap jenis alat perlindungan pernafasan memiliki variasinya masing-masing, dengan peringatan, keterbatasan, dan larangannya yang juga berbeda-beda. Beberapa alat perlindungan pernafasan mengharuskan uji coba untuk memastikan kerapatan pada wajah, dan tidak boleh digunakan orang yang memiliki rambut di wajah. Jenis yang lain menggunakan penjepit hidung dan saluran mulut yang digigit diantara gigi, seperti snorkel (alat menyelam). Beberapa alat membatasi pengguna dari berbicara, namun beberapa yang lain memberikan akses bicara. Setiap alat perlindungan pernafasan yang terkantaminasi bahan berbahaya harus di dekontaminasi dan dimusnahkan dengan benar.

Semua alat perlindungan pernafasan mengharuskan latihan agar dapat digunakan secara layak. Terkadang, kita dapat berlatih mempergunakan alat perlindungan pernafasan yang kita miliki, namun, beberapa jenis alat perlindungan pernafasan untuk melarikan diri (escape unit) dipaketkan dan harus berada dalam bungkus sampai digunakan, sehingga kita membutuhkan pelatihan dengan versi yang “khusus”. Pelatihan sangatlah penting, terutama menyangkut penyimpanan, penggunaan, dan pemusnahan alat perlindungan pernafasan. Informasi ini biasanya disediakan oleh supplier (contoh: penjual, distributor, atau manufaktur).

Jika kita tidak mempergunakan alat perlindungan pernafasan secara layak, maka akan sangatlah mungkin, alat tersebut tidak akan melindungi diri kita, bahkan bisa jadi mencelakakan diri kita.


Apakah alat perlindungan pernafasan itu

Alat perlindungan pernafasan adalah alat untuk melindungi kita dari menghirup zat berbahaya, seperti bahan kimia dan partikel-partikel yang dapat menginfeksi. Ada beberapa tipe alat perlindungan pernafasan.


  1. Alat perlindungan pernafasan untuk melarikan diri dibuat hanya untuk digunakan dalam keadaan darurat, dan hanya untuk melarikan diri dari daerah yang berbahaya menuju daerah yang aman. Ada beberapa jenis alat perlindungan pernafasan untuk melarikan diri yang tersedia di pasar. Kebanyakan dari mereka berupa hood (kerudung yang menutupi seluruh kepala) dengan isolasi di leher. Biasanya digunakan untuk satu kali penggunaan dalam kurun waktu yang singkat, antara 15 menit sampai 1 jam. Individu yang memiliki leher yang kecil atau sangat lebar akan sangat mungkin mengalami kesulitan dalam penggunaan hood tersebut, periksalah produk supplier anda sebelum membelinya.


  1. Masker partikel adalah yang termudah, termurah, dan terendah tingkat perlindungannya dari tipe-tipe alat perlindungan pernafasan yang ada. Alat perlindungan pernafasan ini hanya untuk melindungi dari partikel. Mereka tidak melindungi dari kimia, gas, ataupun uap, dan ditujukan hanya untuk tingkat bahaya yang rendah. “N-95” merupakan alat perlindungan pernafasan terhadap partikel yang umum dijumpai. Biasa digunakan di rumah sakit untuk melindungi dari infeksi bakteri. Alat perlindungan pernafasan terhadap partikel merupakan “alat perlindungan pernafasan yang memurnikan udara” karena membersihkan udara dari partikel saat kita bernafas. Meskipun kita tidak dapat melihat patikelnya, ada cukup banyak jumlah partikel di udara yang dapat di tangani oleh alat perlindungan pernafasan ini.


  1. Masker gas/filter (cartridge) kimia. Masker gas juga dikenal sebagai “alat perlindungan pernafasan yang memurnikan udara” karena menyaring atau membersihkan gas kimia atau partikel yang mungkin ada dari udara yang kita hirup. Alat perlindungan pernafasan ini terdiri dari masker dan sebuah filter (jika filter ini berada di kerangka logam, disebut juga “canister”), tali yang mengencangkan masker ke kepala. Cartridge memiliki filter yang dapat menghilangkan partikel (seperti senjata kimia), karbon (untuk menghilangkan beberapa zat kimia), keduanya, ataupun bahan lain. Saat pengguna menghirup nafas, udara ditarik melewati filter.

Masker gas hanya efektif jika digunakan dengan cartridge/filter yang sesuai dengan bahan kimia atau biologi tertentu. Pemilihan filter yang sesuai terkadang merupakan proses yang rumit. Ada filter yang dapat melindungi lebih dari 1 bahaya, namun tidak ada filter yang dapat mencakup semua bahaya. Kita perlu mengetahui bahaya yang akan dihadapi agar yakin saat memilih filter yang sesuai.


  1. Alat perlindungan pernafasan bertenaga untuk memurnikan udara (Powered Air-purifying Respirator – PAPR). PAPR menggunakan kipas untuk mehisap udara melewati filter kepada pengguna. Mereka sangat mudah digunakan untuk bernafas dan dibutuhkan baterai yang penuh agar dapat berfungsi dengan baik. Mereka juga menggunakan filter yang sama seperti masker gas, sehingga kita perlu mengetahui apa bahaya yang mungkin terjadi dan seberapa banyak konsentrasinya di udara.


  1. Alat perlindungan pernafasan yang berisi udara (Self –Containded Breathing Apparatus – SCBA) merupakan alat pernafasan yang biasa digunakan oleh pemadam kebakaran. Mereka menggunakan tanki udara tersendiri untuk mensuplai udara bersih, sehingga kita tidak perlu menghawatirkan mengenai filter. Mereka juga dapat melindungi dari bahaya kimia dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Bagaimanapun juga, mereka sangat berat dan membutuhkan latihan khusus untuk menggunakan dan merawatnya. Tanki udara yang digunakan dapat bertahan selama 1 jam atau mungkin kurang, tergantung tingkat dan seberapa besar kita bernafas.

--000—


Sumber: Respirator Fact Sheet, NIOSH


Lampiran:

Aktivitas

Kubik feet udara per menit

Volume liter per menit

Tidur

0.2

6.0

Istirahat

0.3

9.3

Kerja ringan

0.7

19.7

Kerja sedang

1.0

29.2

Kerja berat-sedang

1.4

40

Kerja berat

2.1

59.5

Kerja maksimal

4.6

132.0






Penulis:

Syamsul Arifin, SKM

Safety Professional
Alumni Dept. K3 FKM UI angkatan 2001
Email: syamsul.arifin@yahoo.com

3 comments:

  1. :)
    tulisan ilmiah yang iseng aja :)
    sekalian menguatkan kompetensi diri ^-^

    ReplyDelete