21 November 2007

Kristalisasi Keringat

Ada sebuah buku yang sangat menarik perhatian saya ketika berkeliling di toko buku Gramedia Pondok Indah beberapa waktu yang lalu. Buku tersebut memiliki gambar model sampul depan yang seorang artis lucu yang tengah naik daun belakangan ini. Yup, dialah Tukul Arwana, yang terkenal dengan program “Empat Mata”nya.

Meskipun pada akhirnya saya tidak jadi membeli buku tersebut dan hanya membaca-baca saja, ada sebuah kalimat yang sangat bagus di judul tersebut, “Kristalisasi Keringat”. 

Sebuah kalimat yang menurut saya sangat luar biasa bagus. 

Kita tidak boleh melihat seseorang saat suksesnya saja. Padahal dibalik kesuksesan tersebut ada tetesan keringat dan cucuran air mata yang telah terkuras. Tidak ada kesuksesan instan, kalaupun ada, biasanya kesuksesan macam itu tidak akan bertahan lama, seperti kata pepatah “easy come easy go”. 

Kesuksesan di dapat setelah pertarungan panjang konsistensi dan kegigihan. Disitu teruji motivasi dan daya tahan seseorang, visinya, kekuatan cita-citanya, dan kesabaran imannya. 

Janganlah bersedih jika waktu yang kita keluarkan belum jua menelurkan kesuksesan, jangan berhenti jika usaha yang kita lakukan belum juga menghasilkan kesuksesan seperti yang kita harapkan. Semua itu membutuhkan proses, agar keringat dan air mata yang kita keluarkan dapat mengkristal menjadi permata yang indah.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al Insyiraah: 5-6) 

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Ankaabut:69) 

---
Tetap semangat, dan teguhkan diri sampai nanti, tetap melangkah dan keraskan hati, sampai nanti, sampai mati. -Letto-

No comments:

Post a Comment