28 November 2007

Jaga Diri dari Tuduhan

Barangsiapa yang suka mengundang datangnya tuduhan maka janganlah sekali-kali ia menyesal bila orang lain berburuk sangka padanya. (Umar Bin Khattab)

 

Sungguh, tuduhan itu tidak datang dengan sendirinya, memang terkadang ada saja manusia yang dengki atau iri, atau terjerumus dalam rasa su’udzon atau prasangka buruk. Namun, melihat tausyiah yang diberikan salah seorang sahabat yang mulia, maka bisa jadi kita sendiri yang membuka pintu bagi hadirnya segala tuduhan ataupun prasangka buruk.

 

Makanya, ketika suatu ketika Rasulullah saw sedang jalan di malam hari bersama salah seorang istrinya, dan berpapasan dengan pemuda muslim, beliau memberitahukan kepada mereka dengan siapa beliau berjalan.

 

Diriwayatkan oleh Shafiyah binti Huyaiy ra, ia berkata: Suatu malam ketika Nabi saw sedang beriktikaf, aku datang mengunjungi beliau untuk mengajak bicara. Setelah itu aku pun bangkit berdiri untuk pulang dan Rasulullah saw ikut berdiri untuk mengantarkanku. Tempat tinggal Shafiyah adalah di rumah Usamah bin Zaid. Tiba-tiba lewat dua orang Ansar. Tatkala mereka melihat Nabi saw mereka mempercepat jalan mereka lalu Nabi saw berseru: Tunggu! Dia adalah Shafiyah binti Huyaiy. Mereka berdua segera menyahut: Maha suci Allah, ya Rasulullah! Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya setan itu berada di dalam aliran darah tubuh manusia dan aku khawatir akan menimbulkan prasangka buruk di hati kalian atau mengatakan sesuatu. (HR Bukhari Muslim)

 

Karena itu, jangan terlalu cuek atau masa bodo dalam bersikap atau berbuat, jagalah diri kita dari melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan kejelekan pada diri saudara muslim/ah kita yang lain (membuat mereka berprasangka buruk).

 

Wallahu ‘alam

 

---

Tausyiah untuk diri sendiri…

4 comments:

  1. Saat bertemu orang yang pernah salah-paham padamu, gunakan saat tersebut untuk menjelaskannaya. Karena engkau mungkin hanya punya satu kesempatan itu saja untuk menjelaskan.

    ReplyDelete
  2. klo artikel ini maksudnya adalah aspek pencegahannya yus...
    kan ada slogannya, "mencegah lebih baik dari mengobati.."
    :D
    jadi, sebelum ada (atau menimbulkan) prasangka2, mari hindarkan (atau jaga) diri dari berbuat hal2 yang dapat menyebabkan prasangka :)

    ReplyDelete
  3. pin, aku kutip ini buat bahan tulisan
    tfs

    ReplyDelete
  4. monggo :)
    *senengnya bisa dikutip sama novi ^_^

    kalau bisa, dikasih sumbernya, biar bisa numpang tenar nov :D hehehe %peace%
    *klo ngga sih jg ga apa2 :) <-- just kidding ^_^

    ReplyDelete